Akan digusur, Gereja Bethel Indonesia (GBI) Kalijodo tetap gelar ibadah

GBI Kaljodo

Akan segara digusur oleh Pemprov DKI, Gereja Bethel Indonesia (GBI) Kalijodo mengadakan ibadah kebaktian perpisahan yang diikuti puluhan jemaat, Minggu (21/2/2016). Walau menjadi ibadah terakhir, namun bisa saja akan dilakukan ibadah kembali sebelum Pemprov DKI benar-benar melakukan penggusuran di Kaljodo. Terkait penertiban kawasan tempat hiburan malam Kalijodo, pihak gereja belum mendapatkan pernyataan secara resmi.

“Rumah ibadah itu tidak ada pernyataan resmi. Saya hanya baca koran tentang penggusuran gereja. Tapi sebelumnya kita sudah buat surat untuk diberikan kebijaksanaan kepada gubernur,” ujar Pendeta GBI Kalijodo Timotius Sutomo usai memberikan khotbah, dikutip Merdeka.com. Rencana penggusuran yang akan dilakukan pada Senin 29 Februari mendatang ternyata tidak menyurutkan semangat jemaat untuk beribadah.

Baca:   400 anak panah dan ratusan kotak kondom ditemukan di Kalijodo

Timotius mengatakan bahwa gereja akan tetap dibuka hingga minggu depan. Kebaktian akan tetap khidmat meskipun dengan hanya diiringi musik akustik dan jemaat duduk bersila dilantai. “Tanggal 28 Minggu, kami merasa mungkin listrik sudah tidak ada dan keadaan sudah chaos. Kami harapkan masih bisa datang di sini berdoa. Enggak ada listrik. Datang Berdoa seadanya,” tambah Timotius yang menggunakan kemeja batik oranye.

Baca:   Gadis Muda Ini Berambisi Miliki Payudara Terbesar Se-Australia

Pagi ini kebaktian perpisahan di GBI Kalijodo diwarnai suasana haru dan isakan tangis sendu jemaat. Timotius dalam kesempatan ini menjelaskan kepada jemaat bahwa penertiban tersebut merupakan takdir yang harus dihadapi dan terdapat rencana Tuhan yang lebih baik dibaliknya.

“Bahwa kita percaya, kalau kita harus menutup sejarah tempat ini tapi itu bukan akhir. Kami percaya Tuhan menyediakan lebih besar. Seperti hari ini temanya syukur dan bahagia. Apa yang kita ingat ke belakang bersyukur dan sebetulnya keberhasilan bahwa kita sudah mengakhiri pelayanan di wilayah ini dengan baik dan masih ada episode baru yang Tuhan sediakan buat kita ke depannya,” ujar Pendeta Timotius Sutomo usai memberikan khotbah di GBI Kalijodo, Minggu (21/2/2016).

Baca:   Punya Wajah Cantik dan Rajin Blusukan, Lurah Asal Bogor Ini Jadi Viral di Internet

Motivasi dan harapan pun juga diberikan untuk para jemaat gereja yang berada di dekat perbatasan Jakarta Utara dan Jakarta Barat tersebut. “Kita mengajar warga jemaat untuk bisa menerima prosesnya sambil menyuarakan yang positif. Agar hidup kita akan lebih baik ke depan,” tambah Pak Tim, sapaan hangat Timotius Sutomo.

loading...