Alasan kenapa batu akik tidak cocok dijadikan barang investasi

batu-akik

Beberapa waktu lalu batu akik sempat booming dan jadi buruan para kolektor. Namun kini tren batu akik sudah mulai memudar seiring berjalannya waktu. Pada saat booming, sejumlah kolektor berlomba-lomba memburu batu akik dengan kualitas bagus dan juga unik. Harga batu akik juga pada saat itu cukup menjanjikan. Maka tidak heran jika banyak orang berlomba-lomba beralih menjual batu akik.

Tidak heran jika banyak orang yang berpendapat bahwa batu akik bisa dijadikan barang investasi seperti batu mulia lainnya. Namun, tidak sedikit orang yang berpandangan bahwa nasib batu akik akan sama dengan tren bunga adenium atau anthurium yang kini sudah meredup atau tren-tren lainnya yang sempat menghinggapi masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, ada beberapa pertimbangan jika kita ingin mengoleksi batu akik.

Baca:   Kenapa Kabah dibangun seperti kubus? Ini jawabannya...

Pertama, batu akik memiliki nilai yang subjektif. Hal ini disebabkan banyaknya motif batu akik di Indonesia dari berbagai daerah yang membuat harga jualnya tidak sama. Hal ini pula yang membuat satu motif unggulan bisa memiliki harga yang mahal di satu daerah. Namun, belum tentu di daerah lain. Artinya, nilai batu akik tergantung ketertarikan orang di daerah tertentu dan inilah yang membuat harga batu akik tidak stabil.

Baca:   Punya Jenggot Sepanjang 16 Cm, Wanita Muda Ini Pecahkan Rekor Dunia

Hal inilah yang membuat investasi dalam bentuk batu akik menjadi tidak bagus. Di sisi lain, hal-hal yang bisa menjadi instrumen investasi harus berupa barang yang bersifat universal (dapat diuangkan di mana saja) dan termasuk barang likuid (bisa diuangkan dengan muda). Kriteria ini tak ditemui pada batu akik.

Kedua, jika kita memang berminat terjun ke bisnis batu akik yang memiliki nilai seni tinggi. Makin unik dan berseni, maka harga makin mahal.

Baca:   Hati-Hati, 7 Foto Ini Bisa Bikin Kamu Tidak Fokus

Ketiga, pastikan pula tingkat keras batu akik. Seperti diketahui, saat ini batu Bacan menjadi bintang dikalangan penggemar batu akik. Pasalnya, batu ini memiliki skala keras 3-7 Mohs. Jadi, pastikan skala keras batu akik yang kita memiliki kepada ahli batu. Mungkin keras maka semakin bagus.

loading...