Amalia Ayuningtyas Bukan Teman Ahok, Ketakutan Karena diserang Isu SARA

Amalia Ayuningtyas

Serangan isu SARA kepada pendiri Teman Ahok, Amalia Ayuningtyas, kini terus berdampak negatif kepada orang lain. Orang yang dampaknya tersebut tidak lain adalah Amalia Ayuningtyas bukan Teman Ahok yang dicatut foto dan namanya oleh Zeng Wei Jian. Foto tersebut dijadikan oleh Zeng Wei Jian untuk memfitnah Amalia Ayuningtyas yang merupakan pendiri Teman Ahok.

Foto Amelia dicatut untuk menyerang pendiri Teman Ahok, Amalia akhir pekan lalu. Foto Amelia disebar di media sosial Facebook oleh akun bernama Zeng Wei Jian. Dalam akun tersebut, Amalia Teman Ahok dituduh sengaja memakai kerudung sebagai “taktik untuk mendulang suara Ahok” dari warga DKI Jakarta. Di postingan itu, Zeng Wei Jian mengunggah foto Amelia yang tidak pakai jilbab, seakan-akan foto itu adalah Amalia Teman Ahok.

Baca:   Pendiri 'Teman Ahok' ditangkap, Ruhut: Singapura Sebenarnya Takut Saja Tertular Demokrasi Indonesia

Potingan tersebut diambil beberapa situs online dan membuat judul sensasional, antara lain, “TAKTIK HIJAB: Hijab Pendiri (Relawan) Teman Ahok ‘Amalia Ayuningtyas’ Mendadak Hilang!” Nama Amalia Ayuningtyas dan Amalia Ayuningtyas memang mirip, tetapi keduanya tidak terkait sama sekali. Amelia tidak memakai jilbab, sedangan Amalia Teman Ahok sudah mengenakan jilbab sejak SMA.

Amelia pun jengkel lantaran fotonya dijadikan alat untuk menyerang Amalia Teman Ahok. Amelia pun ketakutan lantaran dia dianggap sebagai Teman Ahok. “Kenapa foto saya digunakan untuk fitnah orang? Sampai ada meme tidak jelas, dan banyak orang yang percaya saya Mba Amalia. Ngeri sekali melihatnya, kok bisa orang bisa gelap mata seperti itu dibilang aku bukan Mba Amalia, tetapi tetap tidak percaya,” ujar Amelia, seperti dilansir BBC, Kamis (9/6/2016).

Baca:   Alasan KH Nuril Arifin Tidak Setuju Dolly Ditutup

“Komentar-komentar orang (di media sosial) membuat saya gerah. Setelah saya klarifikasi itu pun dibilang klarifikasi palsu. Saya takut ini punya dampak buruk di masa depan, saya takut keselamatan saya, keselamatan keluarga saya, dilihat dari haters-haters yang sangat agresif saya takut, ini ‘kan foto saya, nanti kalau saya di luar, dan ada orang yang mengira itu benar,” tandas Amelia.