Apa itu ‘bridal shower’ dan wajibkah dilakukan oleh wanita?

bridal-shower

Di Indonesia, perayaan khusus untuk calon pengantin wanita, bridal shower belum begitu populer. Namun, di beberapa negara seperti Amerika, Kanada, Australia, dan Selandia Baru, tradisi ini menjadi salah satu bagian sebelum melangsungkan pernikahan. Tradisi bridal shower sendiri mulai ada sejak lama dan berasal dari Belanda pada tahun 1890. Namun, di Indonesia tradisi ini belum begitu dikenal dan baru mulai diminati sejak 4 tahun terakhir.

Hal tersebut diungkapkan oleh jasa penyelenggara pesta Little Thoughts Party Planner Ola Harika. “Semenjak empat tahun terakhir pesta bridal shower sudah banyak peminatnya. Tetapi sepertinya mulai banyak yang mengadakan sejak dua tahun terakhir ini,” ujar Ola dikutip dari Wolipop. Ibu satu anak ini mengatakan, klien-kliennya yang mengadakan acara bridal shower biasanya wanita asing yang tinggal di Indonesia dan sudah terbiasa menggelar acara seperti ini.

Tetapi kini, jasa bridal shower yang ditawarkannya lebih banyak diminati oleh wanita Indonesia. Acara mengakrabkan diri dengan teman-teman dekat sebelum pernikahan ini lebih banyak diminati oleh calon pengantin wanita yang berusia 24 hingga 30 tahun. Sedangkan untuk calon pengantin yang berusia di atas 30 tahun, masih ada peminatnya namun tidak terlalu banyak.

“Kalau di Indonesia bridal shower lebih ke acaranya untuk wanita, semua yang datang teman-teman wanitanya si calon pengantin. Untuk keluarga yang hadir sepertinya justru jarang ya. Bridal shower itu seperti ajang saling curhat dengan calon pengantin, kumpul-kumpul terakhir sebelum menjadi istri orang,” lanjut istri DJ Riri itu. Tamu undangan pada acara bridal shower juga terbatas. Biasanya, hanya segelintir orang yang merupakan sahabat dekat dari para calon pengantin.

Bridal shower diselenggarakan pada tempat yang jauh dari hingar bingar agar suasana personal lebih terasa, misalnya di private room sebuah restoran. Lebih lanjut ia mengatakan, bridal shower sebenarnya merupakan acara yang tidak wajib untuk dilakukan di Indonesia. Tetapi mengikuti tren yang sedang berkembang di Indonesia, kini makin banyak peminatnya. Acara bridal shower pun biasanya dipenuhi dengan dekorasi dan tema-tema tertentu.

“Sebenarnya sih bridal shower tidak diharuskan. Tapi sekarang banyak yang terpengaruh dan lihat trennya dari media sosial jadi banyak yang melakukannya,” tutupnya.

loading...