Apakah Anda Mengalami Menstruasi Dua Kali Dalam Sebulan? Bisa Jadi 5 Hal Ini Penyebabnya

menstruasi

Apakah Anda pernah mengalami siklus menstrusi yang lain daripada biasanya? Biasanya Anda menstruasi hanya sekali dalam sebulan, kini tiba-tiba menjadi dua kali dalam sebulan. Kira-kira apa penyebabnya? Penyebab seorang wanita mengalami menstruasi dua kali dalam sebulan ada bermacam-macam.

Mulai dari ketidakseimbangan hormon sampai karena kondisi penyakit tertentu yang mungkin sedang di derita. Dilansir dari vemale.com, selengkapnya silahkan Anda simak info lengkapnya dibawah ini.

1. Siklus menstruasi yang Memang Tak Teratur
Jika memang dari awal sudah memiliki siklus menstruasi yang tak teratur, maka ada kemungkinan besar bisa mengalami menstruasi dua kali dalam sebulan. Jika seorang wanita mengalami menstruasi setiap tiga kali seminggu misalnya, ada kemungkinan jadwal yang agak maju atau mundur membuatnya menstruasi di awal bulan dan akhir bulan. Dan hal ini masih bisa dibilang dalam tahap normal.

Baca:   Ini penyebab rasa sakit menstruasi pada wanita berbeda-beda

2. Pubertas
Bagi gadis yang masih puber, hal yang normal jika siklusnya tak bisa teratur. Bisa menstruasi dua kali dalam sebulan. Tapi bisa juga malah baru menstruasi satu kali dalam waktu tiga bulan.

3. Ketidakseimbangan Hormon
Ketidakseimbangan hormon seperti gangguan tiroid bisa mengganggu siklus menstruasi wanita. Seperti yang dilansir oleh newhealthadvisor.com, hal ini biasanya terjadi saat wanita mengalami menopause. Jadi jika sering mengalami menstruasi dua kali dalam sebulan, ada kemungkinan akan mengalami menopause.

4. Tumbuhnya Jaringan Tak Normal
menstruasi dua kali dalam sebulan juga bisa tanda tumbuhnya jaringan yang tak normal di rahim, seperti fibroid dan kista. Jaringan ini bisa menyebabkan rasa tidak nyaman juga rasa sakit. Termasuk mengganggu siklus menstruasi.

Baca:   Ini bahaya terlalu banyak konsumsi garam

5. Penebalan Dinding Rahim
Penebalan dinding rahim yang tak normal bisa menyebabkan wanita mengalami menstruasi dua kali dalam sebulan. Penebalan ini bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti ketidakseimbangan hormon dan konsumsi estrogen.

Selain kemungkinan penyebab di atas, hal-hal lain yang menyebabkan seorang wanita mengalami menstruasi dua kali dalam sebulan, antara lain perubahan berat badan yang ekstrem, olahraga berat, stres, dampak penggunaan kontrasepsi, dan gangguan penyakit atau akibat konsumsi obat-obatan tertentu.

Kalau menstruasi yang dirasakan disertai dengan gejala-gejala yang tak biasa seperti darah yang keluar sangat banyak dan disertai sakit perut yang parah, segera hubungi dokter ya. Dapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat dari ahlinya.