Badai melanda Arab Saudi, 62 Jemaah haji tewas akibat tertimpa crane jatuh di Masjidil Haram

foto-crane-jatuh

Setelah Arab Saudi diterjang badai pasir, kini hujan dan juga angin kencang melanda Kota Mekkah mulai pukul 17.10 waktu Arab Saudi pada hari Jumat 11/9/2015. Hujan yang turun juga membawa es dengan ukuran sebesar kacang disertai gempuran petir dan juga gemuruh langit. Akibat badai hujan, dua buah tiang bendera di Kantor Misi Haji Indonesia dikabarkan roboh. Dengan cepat, air menggenangi jalanan di Kota Mekkah. Kemacetan di jalan-jalan pun tidak terhindarkan.

Suara klakson bercampur dengan hujan, gemuruh, dan kilat. “Di daerah bawah itu pasti sudah banjir. Ini karena kita di atas saja,” ujar salah satu mukimin, Saifullah. Kepala Seksi Katering Panitia Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Ahmad Abdullah Yunus langsung memerintahkan pintu kantor Daker Mekkah ditutup. “Langsung ditutup biar kacanya nggak pecah,” katanya.

Baca:   Edan! Iklan Istri Lurah Gorontalo Minta dihamili Brondong Berhadiah Rp 10 Juta

Kondisi yang sama terjadi di pemondokan nomor 627 di wilayah Syisyah, sekitar 4 km dari Masjidil Haram. Pintu dan kaca berderit diterjang angin kencang. Petugas Panitia Ibadah Haji (PPIH) Cholid mengatakan jamaah yang sedang menunggu di Terminal Syib Amir langsung dibawa ke dalam kontainer dan bus. “Ada sekitar 15 orang di dalam kontainer, termasuk tiga petugas,” ujarnya.

Terminal Syib Amir berjarak sekitar 200 meter dari Masjidilharam langsung ditutup. Terminal ini merupakan satu dari tiga terminal di sekitar Masjidilharam yang menjadi lokasi jamaah Indonesia menunggu bus shalawat yang akan mengantar ke pemondokan.

Baca:   Gila Benar Dah! Suami Sebar Foto dan Video Masturbasi Istri di Media Sosial Karena Hal Ini

Dilansir laman Sindonews.com, hujan kemarin merupakan hujan ketujuh kalinya di Mekkah sejak akhir bulan lalu. Mukimin lainnya, Sarman Sarga Yusuf, 46, menjelaskan bahwa hujan deras sering terjadi saat  peralihan musim panas ke musim dingin. Namun bedanya, hujan kali ini disertai petir dan hujan deras. “Biasanya nggak seperti ini. Pernah terjadi seperti ini pada tahun 1997 lalu,” jelasnya.

Sedikitnya 62 orang tewas dan 30 luka-luka akibat alat berat (crane) jatuh di Masjidil Haram Mekkah Arab Saudi, Jumat (11/9/2015), sore waktu setempat. Namun belum dipastikan jemaah haji yang jatuh berasal dari negara mana. Dilaporkan AFP, di media sosial beberapa foto menunjukkan jemaah haji yang sedang menunaikan ibadah tampak berlumuran darah.

Baca:   Miris, Beredar Video Seks Siswa SMA N 1 Poso di Kantin Sekolah

“Jamaah panik dan berlarian, ada yang terpeleset dan jatuh. Saya saat ini sedang mengevakuasi sembilan jamaah,” kata kepala Sektor Khusus Slamet Budiyono melalui sambungan bravo, sejenis handy talkie. Informasi yang beredar, sejumlah jamaah menjadi korban. Sementara itu, di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah kembali diterjang badai pasir. “Belum ada laporan penundaan penerbangan jamaah haji,”ujar kepala Daker Bandara Jeddah-Madinah Nurul Badruttamam tadi malam.

loading...