Bahaya Menggunakan HP di Pom Bensin Hanya Mitos? Seperti Ini Penjelasannya…

sindrom karena terlalu banyak pegang smartphone

Selama ini Anda mungkin sudah tahu kabar soal bahaya menggunakan HP di Pom bensin. Tanpa Anda verifikasi, Anda percaya begitu saja informasi tersebut sampai saat ini. Ya, Pom bensin memang menjadi area terlarang karena menjual bahan yang mudah terbakar. Jadi tidak heran jika banyak hal yang dilarang dilakukan di Pom bensin seperti merokok dan menyalakan lampu flash camera.

Jika merokok dan flash bisa memicu adanya percikan, tapi bagaimana dengan menggunakan ponsel di Pom bensin atau SPBU?  Banyak yang meragukan bahwa ponsel berbahaya digunakan saat mengisi bahan bakar minyak. Jadi, apakah benar bahwa menggunakan ponsel di SPBU itu berbahaya? ataukah hanya mitos?

Baca:   Gigit payudara model seksi, ular ini langsung mati

Video dari channel YouTube Kamu Harus Tahu! ini menjelaskan keraguan tersebut, demikian dilansir laman famous.id. Memang benar ada beberapa video yang merekam kejadian ledakan pom bensin karena ponsel, namun itu disebabkan karena beberapa hal. Sebuah percikan listrik setidaknya membutuhkan 0.2 Mili Joule, dan ponsel bisa menghasilkan energi sampai 290 ribu joule.

Baca:   Punya Nyali? Coba Anda Berjalan diatas Jembatan Kaca Ini, Dijamin Pasti Bikin Lutut Lemas

Secara teori memang ponsel bisa saja membuat percikan api. Namun produsen ponsel tidak mungkin membuatnya untuk menghasilkan percikan. Lalu bagaimana dengan radiasi ponsel, apakah bisa membuat SPBU terbakar karena radiasi ponsel? Jawabannya adalah tidak. Memang benar radiasi ponsel bisa merusak peralatan listrik seperti alat pemompa dan monitor jantung, juga listrik pesawat yang bisa merusak mesin pesawat, namun tidak untuk merusak SPBU.

Baca:   Miris! Video Hot TKW Indonesia Diperkosa Majikan Beredar di Medsos, Videonya Bertebaran di Youtube

Jadi menurut video ini, bahaya penggunaan ponsel di SPBU hanyalah mitos belaka. Tapi perlu di garis bawahi bahwa potensi terjadinya kebakaran karena ponsel masih mungkin terjadi.

loading...