Batu akik Pulaki dari Bali dipercaya punya kekuatan mistis

batu-akik-unik

Komunitas Akik Pulaki Kontemporer (KAPK) asal Kabupaten Buleleng, Bali mengklaim beragam jenis batu akik Pulaki mempunyai daya magis atau aura mistis. Bahkan karena ukurannya yang bisa berubah, sejumlah orang pun merasa yakin bahwa batu akik Pulaki tersebut ‘hidup’. Batu akik Pulaki pun diyakini sebagai batu spesial karena ditemukan di daerah bebatuan kuno yang memiliki kandungan batu kelas tinggi.

“Batu akik Pulaki itu spesial karena berada di daerah bebatuan kuno dimana memilki kandungan batu kelas tinggi,” kata Humas Komunitas Akik Pulaki Kontemporer, Made Delvi Juniawan di Singaraja, dikutip dari Rimanews.com. Ia menyayangkan banyak batu akik luar masuk ke Buleleng. Padahal batu akik asli daerah itu sangat banyak dan mumpuni.

Baca:   Wow! China luncurkan bra dengan hiasan 'Batu Akik'

“Banyak batu dari luar yang masuk Buleleng. Kami berpikir kenapa tidak membangkitkan apa yang menjadi ciri khas Bali Utara,” ujarnya. Delvi menambahkan, pihaknya memercayai batu akik Pulaki memberikan pengaruh berupa energi bagi yang menggunakannya.

“Kami membentuk batu, habis itu menggaganginya dan setelah digagangi pas ukurannya. Tetapi setelah beberapa hari ada kelonggaran beberapa mili. Padahal ukuran mili pakai jangka sorong. Kami meyakini bahwa batu itu hidup, karena kalau tidak hidup tidak bisa berubah ukurannya,” ungkapnya.

Baca:   Model Ini Mampu Mainkan Musik Klasik Dengan Payudaranya

Selain itu, kata dia, batu akik Pulaki juga sulit mengkilap, meski telah diberikan serbuk intan. “Akik asli pulaki menggunakan serbuk intan bertahan satu dua hari saja, habis itu akan kembali pudar. Kalau akik Pulaki kekuatan serbuk intan semahal apapun, tidak akan mengkilatkan batu akik, itu menurut kami, intan yang ada diserbuk akan diserap,” tambahnya. Bagaimana, jadi tertarik untuk memiliki batu akik Pulaki?