Batu Ginjal Sebarat 1,5 Kg Berhasil Dikeluarkan Dari Tubuh Pria Ini

batu ginjal

Batu ginjal menjadi salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi pada kaum pria. Ukurannya pun bisa beragam, mulai dari hanya 4 milimeter hingga diatas 2 centimeter. Semakin besar ukurannya, maka peluang batu tersebut untuk tersangkut dalam saluran kencing dan menimbulkan masalah kesehatan. Nah terkait hal tersebut ada kasus batu ginjal tak biasa yang terjadi di kota Can Tho, Vietnam.

Seorang pria berusia 51 tahun dilaporkan rumah sakit setempat memiliki batu ginjal dengan ukuran panjang 15 cm, lebar 6 cm, dan beratnya 1,5 kilogram. Sang pria sebetulnya sudah merasa kesakitan selama 10 tahun terakhir namun terlalu takut untuk mencari bantuan medis. Ia baru dilarikan ke rumah sakit setelah dirinya benar-benar kesulitan untuk kencing. Dikutip dari Health Detik, Rabu (1/6/2016), dr Le Phuoc Loc selaku dokter urologi di Can Tho General Hospital yang menangani kasus mengatakan batu ginjal tersebut sukses dikeluarkan.

Baca:   6 Makanan Penyebab Timbulnya Batu Ginjal

Nyawa sang pria tak terancam dan ia kini dilaporkan tengah memulihkan diri pasca operasi. Spesialis okupasi dr Radite Nusasenjaya, MKK, SpOK, dari RS Bethsaida menjelaskan batu ginjal sendiri dapat mudah terbentuk apabila seseorang kurang minum dan sering terpapar matahari. Oleh karena itu untuk pria yang sering bekerja di lapangan faktor tersebut harus jadi perhatian.

Baca:   Tidak punya penis, pria ini tetap bisa puaskan 100 wanita yang ditidurinya

Dengan panas tubuh yang tinggi cairan akan lebih banyak keluar lewat keringat sehingga urine pun menjadi pekat dan kristal akan mudah terbentuk. “Jadi kalau dia pengeluaran urinenya rendah di bawah 1,5 liter sehari ditambah bekerja di lingkungan yang panas, maka kemungkinan terkena batu ginjalnya bisa sampai 7,64 kali,” kata dr Radite kepada detikHealth beberapa waktu lalu.