Begini Akibatnya Jika Salah Memilih Ukuran Bra Yang Sesuai Payudara

Ukuran bra

Diperkirakan sekitar 80 persen wanita di seluruh dunia saat ini menggunakan bra yang tidak sesuai dengan ukuran payudaranya. Baik karena terlalu kecil maupun karena terlalu besar. Banyak alasan yang melatar belakangi tingginya penggunaan bara yang tidak sesuai ukuran. Mulai dari rasa malas membeli baru, suka dengan modelnya dan berbagai alasan lainnya.

Namun ketahuilah bahwa sebenarnya menggunakan bra yang tidak sesuai ukuran dapat menyebabkan beberapa efek buruk. Apa sajakah itu? Dilansir dari merdeka.com, berikut ulasannya:

1. Payudara menjadi kendur
“Jika bra terlalu ketat maka dapat menyebabkan kerusakan kulit dan mengurangi sirkulasi darah, serta rasa tidak nyaman,” ujar salah seorang peneliti bernama Recour seperti yang dikutip dari BT (22/7/2016). Bahkan jika bra tersebut ternyata ukuran cup-nya terlalu besar, maka akan membuat payudara Anda menjadi kendur.

Suzzane Pentalnd, seorang ahli kebugaran mengatakan bahwa bra normalnya harus pas. Jika kebesaran maka bra akan terus bergerak mengikuti tubuh sehingga kulit akan sangat sering bergesekan. Pada kasus terburuk, kulit dapat iritasi.

Baca:   Celaka! 6 Kesalahan Yang Sudah Kamu Lakukan, Sangat Berbahaya Bagi Vagina

2. Sakit kepala
Tidak hanya membuat kulit iritasi. banyak hal yang dapat terjadi. “Bra yang terlalu kecil akan memberikan tekanan berlebih pada punggung, dan otot leher. Menurut Tim Allardyce dari Surrey Physio, begitu otot-otot leher ‘dieksploitasi’, maka akan berakibat pada sakit kepada. Atau biasa dikenal dengan sebutan sakit kepala cervicogenic.

3. Sakit leher
“Ini bukan masalah jika payudara lebih kecil. Namun payudara yang besar akan membuat ketegangan otot pada leher. Jika tidak menggunakan bra yang sesuat ukuran, itu akan membuat leher Anda semakin sakit dan nyeri. Terutama dengan bra yang kebesaran, maka leher akan menjadi satu-satunya penopang payudara sendirian tanpa bantuan bra. Oh, itu menyiksa!

Baca:   Potong lambung bisa turunkan berat badan hingga 50 kg

4. Nyeri pada punggung
Bra yang terlalu ketat akan membatasi pergerakan di bagian punggung atas. Sehingga menyebabkan nyeri akibat tulang belakang menjadi kaku. Tali bra sangat berpengaruh pada pergerakan punggung yang semestinya bisa bergerak bebas. Awalnya memang kaku, namun lama-lama akan terasa nyeri dan sering lelah.

5. Sesak napas
Anda tidak akan benar-benar sesak napas sebenarnya meskipun bra Anda terlalu ketat. Namun kualitas pernapasan Anda akan menurun. “Ada opini yang mengatakan bahwa bra yang terlalu ketat dapat membatasi pergerakan tulang rusuk,” ujar Allardyce. Sebenarnya ini tidak akan menimbulkan perubahan dalam tingkat pernapasan atau sesak napas.

Tidak berdampak juga pada mekanisme pernapasan namun justru membuat pergerakan napas pada tulang rusuk menjadi dangkal. Jelas ini akan mempengaruhi konsentrasi oksigen dan karbon dioksida dalam darah.