Benarkah bumi akan segera kiamat? Ini 3 tandanya menurut para ilmuwan

tanda-kiamat

Sudah banyak ilmuwan yang menebak-nebak bahwa umur bumi tidak akan lama lagi. Umur bumi yang semakin tua menjadi dasar para pakar untuk memprediksi bahwa bumi akan segera mengalami kiamat. Namun, kembali lagi bahwa semua itu hanya Tuhan yang tahu mengenai kapan bumi benar-benar mengalami kiamat. Dikutip dari Liputan6.com, sejumlah fisikawan yang disebut Kurzgesagt mengatakan bila tiga skenario besar kiamat sudah dimulai dan alam semesta kini diklaim sudah memasuki tahap awalnya.

Skenario kiamat seperti apa yang dimaksud oleh para fisikawan tersebut yang katanya sudah mulai berlangsung? Simak selengkapnya dibawah ini:

1 Big Rip
Big Rip adalah proses pertumbuhan alam semesta yang akan terus tumbuh semakin cepat setiap hari. Dr. Mat Pier dari Universitas Portmouth mengatakan bila dalam kurun waktu 5 miliar tahun terakhir alam semesta mulai tumbuh dengan sangat cepat akibat kemunculan energi misterius yang disebut ‘energi gelap’. Lama kelamaan, alam semesta diprediksi akan tumbuh tak terkendali dengan kecepatan setara kecepatan cahaya. Imbasnya, galaksi, bintang, hingga planet seakan tercabik-cabik hingga musnah tak tersisa.

Baca:   Wah, iPhone 5C dan 5S dijual Murah Rp 1,2 jutaan

2. Big Crunch
Big Crunch adalah berubahnya kekuatan gravitasi yang menjadi semakin besar. Jika kekuatan gravitasi sangat kuat, maka pertumbuhan alam semesta akan berhenti. Setelah itu, alam semesta akan berhenti tumbuh dan akan cenderung mengecil. Big Crunch menyebabkan galaksi dan planet akan saling bertabrakan. Inilah salah satu tanda dimulainya kiamat. Para ilmuwan mengungkapkan bahwa awal kiamat big crunch sudah dimulai. Salah satu buktinya adalah mendekatnya galaksi Andromeda ke galaksi Bima Sakti karena adanya gaya gravitasi antar galaksi yang semakin meningkat.

Baca:   Video: Badai pasir mengerikan melanda Arab Saudi, tanda-tanda kiamat?

3. Big Freeze
Skenario kiamat terakhir, sekaligus yang paling mematikan adalah big freeze. Saat alam semesta sedang tumbuh, benda-benda di dalamnya mulai menua, hancur, dan berubah menjadi energi atau radiasi, contohnya hancurnya sebuah bintang. Apabila bintang di alam semesta mulai hancur, termasuk matahari, manusia tinggal menunggu apakah bumi akan membeku akibat kehilangan matahari atau terbakar akibat ledakan radiasi yang dihasilkan oleh ledakan bintang raksasa lain yang jumlahnya miliaran di alam semesta.

Skenario kiamat ini pun sudah dimulai. Hal ini terlihat dari umur matahari yang semakin menua dan kehabisan energi utamanya, hidrogen. Jadi, mana skenario yang akan membuat kehidupan di dunia ini benar-benar musnah? Kembali lagi, hanya Tuhan yang tahu semua hal ini dan manusia hanya bisa menebak-nebak.