Berbahaya! Jangan Pernah Unggah Foto Boarding Pass ke Media Sosial, Jika Tidak Tanggung Sendiri Risikonya

foto-boarding-pass

Sudah menjadi hal biasa bagi penumpang yang ingin naik pesawat untuk mengunggah boarding pass ke media sosial. Bagi mereka, hal itu biasa saja dan tidak akan ada efeknya karena hanya sebuah kertas kecil yang berisi informasi penerbangan. Namun, ternyata semua itu diluar dugaan karena boarding pass bisa berdampak bahaya dan bisa mencelakakan bagi pemiliknya..

Seperti dilansir Business Insider UK, dikutip dari tribunnews.com, ada bahaya yang mengintai seseorang jika mengupload boarding passnnya ke media sosial seperti Instagram, Path, Facebook, bahkan Twitter. Menurut Brian Sian John, kepala keamanan startegis EMEA dalam boarding pass terdapat barcode dua dimensi dan kode QR.

Baca:   Nikahi Gadis Pujaan Hati, Wakil Bupati Soppeng Siapkan Pesta Rakyat

Kedua tanda itu menyimpan seluruh data diri Anda. Jika orang yang ahli melihatnya, bisa digunakan untuk hal-hal kejahatan seperti penipuan dunia online. Sedangkan frequent flyer number (nomor penerbangan pesawat) bisa digunakan seseorang untuk mengakses lokasi dan tujuan sebuah penerbangan.

Orang yang tidak bertanggungjawab akan mengubah atau malah mengacaukan itinerary (jadwal penerbangan) Anda sebagai pemiliknya. “Data pribadi seperti email, alamat rumah, nomor ponsel, dan jadwal penerbangan Anda yang terpampang dalam boarding pass lalu di upload di sosial media mengundang kejahatan teknologi,” kata Sian John.

Saran lain dari Sian John adalah ketika boarding pass sudah tidak berlaku jangan dibuang sembarangan dengan keadaan utuh. Gunting menjadi beberapa bagian agar barcode tidak bisa dilacak. Peringantan ini dicanangkan karena teknik hacking sudah sangat canggih. Ditambah pengguna sosial media yang dinilai ceroboh membeberkan data pribadi secara luas. Ini juga tidak hanya berlaku untuk boarding pass saja.

Baca:   Foto Bugil Wanita Ini Tiba-Tiba Ada Di Medsos, Ternyata Ulah Sopir Pribadi

Namun semua hal yang terdapat barcodenya. Seperti tiket kereta api, tiket konser atau kode rahasia lainnya. Jadi, mulai sekarang perhatikan baik-baik apa yang akan Anda upload ke media sosial. Salah sedikit, bukannya berakhir bahagia, liburan atau hal lainnya bisa menjadi masalah untuk Anda.