Berhentilah Lakukan Enam Kesalahan Berikut pada Telinga Jika Tidak Mau Telinga Anda Seperti Ini

telinga-bersih

Salah satu bagian tubuh yang jarang sekali diperhatikan adalah bagian telinga. Untuk membersihkannya, sebagian orang asal-asalan dan menggunakan benda yang seharusnya tidak diperbolehkan untuk digunakan pada telinga. Sebernanya tanpa dibersihkan pun, telinga sebenarnya bisa mebersihkan dirinya sendiri. Dirangkum laman tribunnews.com, ternyata kotoran telinga membuat saluran telinga lembab dan nyaman.

Namun beberapa dari kita membersihkannya terlalu banyak. Hal ini mengakibatkan saluran telinga kering bahkan membuat luka. Untuk menghindari masalah yang lebih besar, berhentilah lakukan enam kesalahan berikut pada telinga! Simak ulasannya dibawah ini dan semoga berguna:

1. Menggunakan lilin untuk membersihkan telinga
Peneliti telah melakukan studi dalam kegiatan membersihkan telinga menggunakan lilin. Dimana disebutkan bahwa lilin dapat menarik keluar kotoran telinga. Namun, studi tidak menemukan bukti terkait hal tersebut. Di sisi lain pula, lilin tentu dapat membahayakan telinga, seperti mengakibatkan luka bakar atau membuat lubang pada gendang telinga.

Baca:   Jus Ajaib Penurun Berat Badan, Berani Coba?

2. Volume suara yang terlalu keras saat menggunakan headphone
Menurut National Institute on Deafness, sekitar 15% orang Amerika, berusia antara 20-69 tahun memiliki beberapa tingkat gangguan pendengaran akibat paparan suara yang terlalu keras. Dan, beberapa penelitian lainnya, termasuk Indian Journal of Otology, menyebut bahwa mendengarkan musik melalui earphone atau headphone dengan suara yang sangat keras menjadi penyebab utama gangguan pendengaran. Jadi, berhentilah mendengarkan musik dengan terlalu keras.

3. Membersihkan telinga dengan jari
Tidak sedikit orang yang menggunakan jari tangannya untuk membersihkan telina. Nyatanya, ini merupakan kesalahan besar, karena kuku cenderung memiliki bakteri mikroskopis, yang tersembunyi dan dapat menyebabkan infeksi. Hal ini kemudian cenderung berbahaya bagi pasien diabetes, karena berisiko lebih besar untuk mengalami infeksi. Luka sedikit saja pada bagian tubuh akan berbahaya bagi penderita diabetes, tak terkecuali darah pada telinga.

Baca:   Tuli Sejak Lahir, Wanita Ini Bisa Mendengar Setelah 39 Tahun

4. Membuat lubang anting sendiri
Jangan pernah membuat lubang anting atau menindik telinga sendiri. Sekalipun meminta bantuan teman, hindarilah hal ini. Sebaiknya kita mengunjungi ahli atau tempat khusus penindikan yang profesional. Hal ini agar menghindari infeksi atau luka yang tidak diinginkan karena mereka akan melakukan dengan cara yang tepat. Termasuk mensterilkan telinga serta alat-alat yang akan digunakan lebih dulu.

5. Tidak memeriksakan ke dokter terkait sakit telinga
Sakit telinga atau mengalami gangguan pendengaran sekecil apapun, perlu diperiksakan ke dokter. Semakin dibiarkan, sakit justru akan semakin buruk. Yang perlu kita ketahui pula bahwa sakit telinga tidak selalu berkaitan dengan masalah pada telinga, namun bisa pada rahang, gigi, tenggorokan, hingga saraf yang berhubungan dengan telinga.

Baca:   Metode Terbaik Untuk Mencukur Bulu Vagina Agar Tidak Iritasi

6. Memasuk benda asing ke dalam telinga
Alih-alih ingin membersihkan telinga, namun tidak memiliki pembersih yang tepat, seseorang sering mengambil benda yang sekiranya dapat masuk ke dalam telinga untuk membersihkannya. Mulai dari tutup pulpen, penjepit kertas, dan lainnya. Hal ini kemudian akan menyebabkan infeksi atau luka pada telinga. Gunakanlah pembersih telinga yang memang dianjurkan, salah satunya cotton-bath dengan ukuran tidak terlalu besar.

Tanpa disadari, kita sering melalukan hal yang sebenarnya tidak dianjurkan untuk telinga. Rutinlah membersihkan telinga dengan pembersih yang tepat dan tidak dengan cara yang kasar atau berlebihan, karena akan melukai telinga. Tidak lupa, berhentilah lakukan enam kesalahan tadi pada telinga! Sudahkah Anda membersihkan telinga hari ini?

loading...