Boko Haram Tembak Mati 97 Orang Sedang Sholat

boko-haram

Boko Haram kembali beraksi dengan menambak mati 97 orang yang sedang melaksanakan ibadah sholat di masjid-masjid di Negeria selama setengah bulan Ramadan. Aksi penembakan terakhir Boko Haram dilakukan pada awal Juli 2015. Serangan tersebut dilakukan di Kota Kubawa setelah sebelumnya melakukan serangan di sebuah desa dengan jarak 35 km dari kota tersebut. Serangan itu menewaskan 48 orang dewasa dan anak laki-laki.

Menurut saksi mata, puluhan orang itu tengah sholat di masjid di sana. Sementara Juru Bicara Kementerian Pertahanan Nigeria, Abbas Gava menjelaskan selama Ramadan ini sudah ada 97 orang yang tewas ditembak. Boko Haram kebanyakan menyerang laki-laki.

Baca:   Protes Penculikan Yang Dilakukan Boko Haram, Irina Shayk Telanjang Dada

Seperti dilansir NYtimes, dikutip dari Suara.com, Sabtu 4 Juli 2015, Gava juga mengatakan dalam penyerangan di Kukawa itu, Boko Haram masuk ke rumah-rumah dan membunuh para perempuan. Sementara anak-anak penduduk di sana dipaksa menyiapkan makanan. Kukawa terletak di 180 km di sebelah timur lau Maiduguri, kota terbesar di timur laut Nigeria. Di sana tempat kelahiran Boko Haram.

Seorang pejabat pertahanan di Monguno, Maidugu Bida menjelaskan jika Boko Haram melakukan penyerangan atas perintah kelompok ISIS. Sebab beberapa waktu lalu ISIS menyerukan untuk meningkatkan serangan saat Ramadan. Itu terjadi Selasa malam lalu. Ekstrimis menyerang Desa Mussaram. Di sana Boko Haram memisahkan antara lelaki dan perempuan. Para perempuan dibiarkan melihat kaum laki-laki ditembaki.

Baca:   Polwan Cantik Bripka Anita Meninggal Dunia Usai Alami Kecelakaan Tunggal di Tol Cipali

“Sebanyak 48 laki-laki meninggal di tempat sementara 17 lainnya melarikan diri dengan luka serius,” kata Maidugu Bida. Sehari sebelumnya, bom bunuh diri terjadi di desa dekat Maiduguri. Bom bunuh diri dilakukan 1 jam sebelum kedatangan Wakil Presiden Nigeria Yemi Osinbanjo.