Cara halus menolak meminjamkan uang pada teman yang sering telat bayar

meminjamkan-uang-pada-teman

Merasa kapok untuk meminjami teman atau saudara uang? Ya, memang banyak faktor yang membuat seseorang merasa kecewa meminjami teman atau saudara uang. Bisa jadi karena pengembalian yang tidak tepat waktu atau juga karena memang faktor lain. Nah, jika kamu tidak mau mengalami kendala yang sama, berikut cara menghindari atau menolak meminjami uang pada teman, dilansir Boldsky dan dikutip dari Liputan6.com, Selasa 06 September 2015.

1. Maaf, saya juga sedang tak punya uang
Jika kamu langsung mengatakan pada teman kamu bahwa kamu sedang tidak punya uang, mungkin hal itu tidak akan berhasil. Apa lagi jika tahu kamu baru mendapat uang dari gaji atau bisnis. Namun, dengan sedikit rasa menyesal dan juga beberapa alasan lainnya, kamu akan berhasil membuat temanmu merasa punya kesulitan yang sama sehingga dia tidak lagi memaksa kamu.

Baca:   Mengungkap alasan pria kaya punya hobi selingkuh

2. Bersikap tenang dan sopan
Saat temanmu ingin meminjam uang, jangan bersikap kasar atau melukai hatinya. Coba untuk memberi penjelasan yang bisa ia terima dengan tidak menyinggung perasaannya. Karena hal itu bisa mengganggu hubungan kalian jika sampai dia merasa sakit hati. Ia juga merasa bahwa kamu bukan teman yang baik dan tidak bisa menolongnya saat dia dalam kesulitan. Jadi, berilah ia penjelasan yang logis dan bisa ia terima untuk mengatakan ‘tidak’.

3. Tawarkan bantuan selain uang
Jika kamu berniat untuk tidak meminjami temanmu uang, coba beri tawaran bantuan lain. Jangan biarkan teman atau saudara kamu pulang begitu saja dengan rasa kecewa. Berikan sejumlah tawaran selain uang, agar dia tak merasa sendiri saat tengah berada di situasi yang buruk. Selain itu, dia mungkin mendapatkan solusi lain untuk masalah finansialnya tersebut.

Baca:   10 Hal Ini Ternyata Bikin Pria dan Wanita Merasa Ketakutan Saat Bercinta, Apa Saja?

4. Tunjukkan perasaan bersalah
Mengingat penolakan kamu pasti mengecewakan si peminjam, harus siap menghadapi sikap kasar darinya. Sikap itu karena dia ingin mencoba membuat kamu merasa bersalah dan tak peduli pada dirinya. Kamu tak perlu membalas sikap kasarnya, mengatakan tidak bukanlah kesalahan.

5. Menghindar
Jika si peminjam terus mengganggu ketenangan hidup kamu, sebaiknya hindari saja. Orang-orang seperti itu biasanya hanya memanfaatkan kamu saat dirinya sedang tak punya uang. Ada banyak cara mengatakan ‘tidak’ tanpa melukai perasaan siapapun, salah satunya adalah dengan menghindarinya.