Cara mematikan ‘Auto Play’ video di Facebook

facebook

Facebook sebagai salah satu media sosial terbesar dunia saat ini terus melakukan perbaikan demi kepuasan penggunanya. Salah satu fitur terbaru tersebut adalah ‘Auto Play’ video saat pengguna membuka Facebook. Jadi, semua video yang ada di timeline akan secara otomatis akan langsung di play tanpa mengharuskan pengguna menekan tombol play.

Bagi yang punya kuota internet terbatas, hal ini tentu saja akan sangat merugikan karena akan menyedot paket internet. Selain itu, pemutaran video ini juga bisa membuat baterai ponsel cepat berkurang. Namun tidak perlu khawatir karena Facebook sebenarnya mengizinkan para penggunanya untuk mematikan fitur autoplay tersebut. Berikut langkah-langkahnya.

Baca:   Kenapa smartphone anti air (waterproof) kebanyakan dari Jepang? ini alasannya...

Untuk komputer atau laptop
Dari laman Facebook, klik “Option”. Menu tersebut ada di bagian kanan atas dengan icon berbentuk gambar panah yang mengarah ke bagian bawah. Kemudian, klik “Settings” dan pilih “Videos” yang ada di bagian kiri layar.

Dari menu “Videos”, cari “Auto-play Videos”, dan pindahkan pilihan dari “Default” ke “Off”.

Baca:   6 Smartphone Canggih Yang Cocok Untuk Kamu Beli

Untuk ponsel dan tablet
Ada beberapa pilihan autoplay untuk kedua perangkat tersebut, yakni “On”, “WiFi Only”, dan “Off”.

Jika pengguna memilih “On”, maka jumlah paket data yang digunakan tergantung dengan seberapa lama ia menyaksikan video. Apabila pengguna men-scroll laman melewati video di linimasa, video tersebut secara otomatis akan berhenti.

Jika pengguna menggunakan WiFi, tidak ada paket data yang digunakan.

Baca:   Sebar Foto Selfie Bugil Lewat Aplikasi Pesan Instan, ABG Ini ditangkap Polisi

Setting ponsel berbasis Android
Buka aplikasi Facebook, tekan tombol “Menu”, pilih “App Settings”, cari “Videos Play Automatically”, kemudian pilihlah “Off” jika ingin mematikannya.

Setting untuk iPhone dan iPad
Pilih “Settings” untuk iPhone atau iPad. Perhatikan, ini menu setting untuk iPhone dan iPad, bukan di aplikasi Facebook. Selanjutnya, cari Facebook. Tekan “Settings”, cari “Video”, kemudian pilih “Auto-play”. Untuk mematikan fitur autoplay, tekan tombol “Off”.

Sumber: Kompas.com

loading...