Congkel Kulit Korban MH17, Jurnalis Asal Malaysia dikecam

Khairuddin Mohd Amin

Seorang jurnalis asal Malaysia dikecam didunia maya karena mencungkil kulit korban MH17. Karena ulahnya yang dianggap tidak manusiawi tersebut, pria bernama Khairuddin Mohd Amin akhirnya dikecam oleh sesama jurnalis. Ia menganggu sisa tubuh jasad korban MH17 dilokasi jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17. Ulahnya itu direkam oleh sesama jurnalis dan disebarkan di website YouTube milik akun Malaysia Gazette.

“Kunjungan Malaysia Gazette ke lokasi jatuhnya MH17 telah menemukan potongan tubuh yang diyakini kulit dari salah seorang penumpang MH17,” ujar Khairuddin dalam videonya, seperti dikutip The Straits Times. Video itu kemudian men-zoom benda yang diduga kulit manusia tersebut. Yang menjadi masalah adalah Khairuddin mengambil sepotong kayu dan mencukil-cungkil kulit itu agar terlihat jelas oleh kameranya.

Baca:   Mengharukan! Suapi lansia di pesawat, pramugari cantik ini bikin nangis netizen

Karena tindakannya itu, banyak orang yang menonton video itu mengecam kelakuan Khairuddin. Khairuddin dianggap tidak punya hati nurani dan tidak menghormati penumpang yang menjadi korban dalam pesawat MH17. “Itu bisa saja potongan tubuh dari salah satu keluarga orang. Kok bisa-bisanya memperlakukannya seperti sepotong daging dan menusuknya dengan kayu. Tolong perlakukan dengan rasa hormat!,” tutur seorang pengguna Twitter, Kuang Keng Kuek Ser.

Baca:   Foto Angeline Premila, Sang Pramugari Cantik Malaysia Airlines MH17

“@MalaysiaGazette telah melakukan kesalahan. Berikan rasa hormat kepada korban MH17,” kata seorang warga lainnya. Khairuddin bukanlah jurnalis pertama yang dikecam karena tindakannya dianggap telah melewati batas kemanusiaan. Sebelumnya, jurnalis SkyNews Colin Brazier dikecam karena membuka barang pribadi milik korban MH17, ketika dalam memberikan laporan langsung.

Selain itu, ada juga jurnalis asal Belanda bernama Caroline Van Den Heuvel dikecam karena mengambil salah satu benda korban MH17, yaitu buku harian dan membukanya dihadapan kamera.

loading...