Daeng Azis laporkan Ahok ke Komnas HAM, Ahok: Saya nggak kenal Daeng Aziz

daeng-aziz

Dikawal puluhan warga Kalijodo, Daeng Aziz datangi Komnas HAM. Tujuannya, untuk melaporkan Ahok mengenai rencana relokasi warga Kalijodo oleh Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Daeng Aziz datang bersama warga Kalijodo sekitar pukul 10.40 WIB pada Senin 15/2/2016 dengan menumpangi mobil Mercy C 280. Selain bersama warga, Daeng juga didampingi kuasa hukum warga Kalijodo. Selain Azis, ada juga 1 ulama Kalijodo yang ikut serta.

“Ya kita mau mengadukan soal relokasi itu,” ujar Azis dengan berapi-api. Ahok ingin merelokasi Kalijodo karena di daerah tersebut merupakan jalur hijau. Warga Kalijodo menolak karena relokasi itu sama saja dengan melanggar HAM. Daeng Azis dikenal sebagai tokoh yang disegani di Kalijodo. Pengusaha ini menjadi sorotan menyusul rencana Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menertibkan jalur hijau di Kalijodo.

Meskipun Daeng Azis terkenal di Kalijodo, tetapi Ahok mengaku tidak pernah mendengar namanya. “Nggak tahu,” jawab Ahok saat ditanya wartawan apakah dirinya mengenal Daeng Azis atau tidak, di Gedung di Gedung Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, dilansir Detiknews, Senin (15/2/2016). Ahok memastikan penertiban Kalijodo dilakukan tahun 2016 ini. Sosialisasi mulai dilakukan dengan menempelkan selebaran-selebaran surat peringatan penertiban Kalijodo dalam waktu dekat.

Kalijodo nantinya bakal dikembalikan fungsinya sebagai jalur hijau dan dijadikan Taman Pisang. Warga Kalijodo diberikan beberapa tawaran mulai menghuni rumah susun, pelatihan kerja hingga pulang kampung. Selain itu, menurut Ahok, tidak ada preman yang menguasai di Kalijodo. “Ini (Kalijodo) kan memang jalur hijau, lalu diperjualbelikan. Anda enggak mungkin membiarkan berpuluh-puluh tahun orang melanggar,” kata Ahok.

loading...