Daftar perusahaan yang bakal PHK karyawan di awal 2016

panasonic

Pada 6 Februari 2016, Konfederesi Serikat Pekerja Indonesa (KSPI) akan melakukan aksi demo besar-besaran di depan istana Negara. Selain di Istana, KSPI juga akan melakukan demo di Mahkamah Agung (MA) dalam rangka Hari Ulang Tahun dan Kongres Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI). Setidaknya 20 ribu buruh akan ikut ambil bagian dalam demo tersebut.

Presiden KSPI/FSPMI Said Iqbal mengatakan, aksi tersebut tidak hanya dilakukan 20 ribu buruh di Jabodetabek, tetapi juga serentak dilakukan di 12 kota besar di Indonesia. Adapun tuntutan kali ini untuk meminta untuk menghentikan pemutusan hubungan kerja (PHK) jilid II. Sebab, tercatat ada 13 perusahaan yang akan segera melakukan PHK pada Januari sampai Maret 2016.

Baca:   10 Cara Ampuh Menghemat Pengeluran Untuk Pasutri

“Pada 6 Februari nanti, 20 ribu buruh se-Jabodetabek akan beraksi di Istana dan MA. Serentak juga di kota-kota besar Indonesia sebanyak 12 Provinsi,” ujar Said Iqbal seperti dikutip dari Liputan6, Rabu (3/2/2016). Tuntutan kedua, Said meminta pemerintah mencabut Peraturan Pemerintah (PP) 78 Tahun 2015. Pasalnya, kebijakan tersebut dianggap menerapkan formula upah murah.

Dia juga memint‎a pemerintah untuk berunding mengenai masalah upah. Menurut dia, kebijakan upah saat ini melanggar ketentuan karena tidak melibatkan buruh. “Yang ketiga kembalikan hak berunding buruh dalam perhitungan dan penetapan upah minimum. Karena ini sudah melanggar konvensi organisasi buruh sedunia,” katanya.

Baca:   Rawan Albutairi, ekonom cantik yang ingin mengubah wajah Arab Saudi

Berikut daftar perusahaan yang akan segera melakukan PHK pada Januari sampai Maret 2016:

1.‎ Panasonic
2. Toshiba
3. Shamoin
4. Starlink
5. Jaba Garmindo
6. Yamaha
7. Astra Honda Motor
8. Hino
9. Astra Komponen
10. AWP
11. Aishin
12. Musashi
13. Sunstar