Dapat Duit Nyasar, Gadis Cantik asal Malaysia Habiskan Rp 45 Miliar

Christine Jiaxin

Seorang wanita asal Malaysia, Christine Jiaxin Lee, 21, ditangkap aparat keamanan Australia di Bandara Sydney saat hendak naik pesawat untuk pulang ke Malaysia. Wanita itu telah dituduh mengabiskan 4,6 juta dollar Australia (Rp45 miliar), uang bank yang keliru ditransfer ke rekeningnya. Lee ditangkap hari Rabu. Lee telah didakwa di pengadilan Australia atas tuduhan memanfaatkan keuntungan keuangan dengan penipuan.

Pihak Westpac Bank mentransfer ke rekening bank-nya dalam bentuk cerukan terbatas pada bulan Agustus 2012. Jaksa dan polisi mengatakan kepada pihak pengadilan bahwa Lee masih menanggung utang sekitar 3,3 juta dollar Australia. Lee merupakan mahasiswi teknik kimia yang telah tinggal di Australia selama lima tahun terakhir. Sejak menerima uang transferan nyasar, Lee berbelanja tas mewah dan sepatu. Pihak Westpac Bank dan polisi mengaku sudah berupaya untuk menghubungi dia.

Baca:   Paras Cantik Wanita Ini Bikin Kagum Para Pengguna Sosmed

Panggilan melalui email juga tidak ditanggapi

Di Pengadilan Waverley, hakim Lisa Stapleton mempertanyakan apakah Lee telah melanggar hukum atau tidak. Sebab, uang yang dia digunakan secara teknis adalah uang yang diberikan kepadanya, dan dia mengambil keuntungan dari itu. “Dia tidak mengambilnya dari mereka (bank). Mereka memberikannya kepadanya,” kata Stapleton.┬áPengadilan juga mengatakan bahwa penyelidikan atas tuduhan penipuan itu dimulai pada 2012.

Baca:   China Akhirnya Mengakui Natuna Sebagai Milik Indonesia Setelah diancam Seperti Ini

Tapi, anehnya, surat perintah penangkapan untuk Lee baru dikeluarkan pada 4 Maret 2016. Sidang kasus ini akan diteruskan pada tanggal 21 Juni 2016 mendatang. Sementara itu, pacar Lee, Vincent King, terkejut atas tuduhan itu. Menurutnya, dalam kasus itu pihak bank yang membuat kesalahan sehingga membuat pacarnya menjadi jutawan.┬áVincent King tiba di Pengadilan Waverley pada Kamis sore untuk menyelamatkan pacaranya yang dia sebut ‘gadis baik’.

Vincent King, seperti dikutip Sindonews.com, Minggu (8/5/2016), menjamin pacaranya dengan uang jaminan 1.000 dollar Australia. Menurutnya, dia tidak pernah melihat Lee berbelanja barang-barang mewah.