Ditemukan Wajan Raksasa Selebar 2 Meter di Purworejo

wajan raksasa
Warga Kutoarjo, Purworejo, Jawa Tengah, dihebohkan dengan ditemukannya sebuah wajan raksasa dengan ukuran dua meter. Wajan raksasa itu ditemukan di lokasi pembangunan sebuah ruko. Karena dikhawatirkan akan merusak benda bersejarah itu, pembangunan ruko pun dihentikan. Wajan raksasa ini dianggap sebagai benda cagar budaya, sehingga para arkeolog akan turun tangan untuk melakukan penelitian.

Baca:   Replika Bahtera Nabi Nuh Terbesar di Dunia Dibuka di AS

Wajan raksasa ini ditemukan saat pekerja ruko melakukan penggalian tanah fondasi. Saat mereka menggali, para pekerja kaget melihat wajan raksasa yang berada di kedalaman 50 centimeter. Aparat Polsek Kutoarjo telah mengamankan lokasi agar benda cagar budaya tersebut tidak dirusak.

Penemuan wajan raksasa itu menjadi perbincangan ramai di Purworejo. Sebagian warga mendatangi lokasi dan berfoto di atas wajan. Bahkan, anggota Polsek Kutoarjo juga ikut naik di atas wajan untuk berfoto. “Pekerja bangunan ruko menemukan wajan itu saat menggali fondasi. Pembangun tidak diteruskan setelah penemuan wajan tersebut,” ujar anggota Polsek Kutoarjo, Bripka Bambang, (30/4/2016).

Baca:   Pixie, Kucing Paling Sedih dan Sengsara di dunia

Menurut Bambang, wajan raksasa ditemukan di lahan milik Widodo (50) yang berada di Jl MT Haryono, Kutoarjo, Purworejo. “Kita belum tahu benda apa ini, harus diteliti dulu oleh arkeolog,” tambah Bambang.

loading...