Dukun Malaysia bisa kirim ‘ilmu santet’ hanya lewat Facebook

dukun-malaysia

Media sosial saat ini bukan lagi hanya untuk tempat sharing informasi dan aktivitas sosial lainnya. Namun, kini sosial media bisa digunakan sebagai saran ‘mengirm’ santet kepada orang yang dituju hanya melalui foto profile. Ini bukan hanya omong kosong belaka. Pejabat Komunikasi Kementerian Cyber Malaysia Jazannul Azriq Aripin mensinyalir seorang dukun dapat memanfaatkan sosial media sebagai ‘medium’ santet.

Dia menyebut beberapa kasus persantetan yang dikirim via Facebook sudah banyak terjadi. Jazannul mencontohkan seorang dukun dengan mudahnya mencuri foto calon korbannya di Facebook. Kemudian foto itu dijampi-jampi atau dibacakan mantra tertentu sehingga si empunya foto itu terkena ilmu hitam. “Para dukun santet sekarang sudah cerdas. Mereka menggunakan internet untuk melancarkan serangan ilmu hitam,” katanya seperti dikutip dari Cnet.

Atas dasar itu, dia mengingatkan kepada pengguna media sosial Facebook agar tak sembarangan meng-upload foto-foto diri di akun pribadinya, terlebih foto-foto seronok. Peringatan ini dikeluarkan setelah adanya ancaman kejahatan ilmu hitam melalui medium Facebook. Dukun Malaysia atau lebih dikenal dengan sebutan “Bomoh” diduga dapat mengirim santet hanya dengan bermodal foto pengguna.

“Jangan heran jika bomoh sekarang bertindak lebih pintar. Mereka mungkin telah memiliki alat sihir yang lebih modern,”sebut Aripin, dikutip Okezone.com. Pada zaman dahulu, bomoh dikenal sebagai seseorang yang memiliki mukjizat untuk menyembuhkan seseorang. Namun citranya berubah karena ilmunya banyak disalahgunakan.

loading...