Elektabilitas Ahmad Dhani dan Ahok imbang, PKB bingung

Ahmad-Dhani

Hingga saat ini PKB belum menentukan calon mana yang akan diusung untuk maju di Pilgub DKI 2017 mendatang. Menurut partai, baik Ahmad Dhani maupun Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memiliki elektabilitas yang sama-sama tinggi.b”Sampai hari ini masih penjaringan,” kata Ketua Fraksi PKB DPRD DKI Jakarta Hasbiallah Ilyas, saat ditemui di Gedung DPRD DKI, Jakarta, Senin (21/03/2016).

Saat ini, PKB masih mengambil suara dari pengurus anak cabang (PAC), dewan perwakilan wilayah (DPW) dan ulama untuk diajukan ke DPP. Elektabilitas menjadi salah satu hal yang dilihat oleh partai tersebut, selain arah suara dari akar rumput.bHasbiallah menyebutkan nama-nama yang masuk ke dalam penjaringan PKB, termasuk Ahmad Dhani dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), kemudian Sandiaga Uno, Yusril Ihza Mahendra dan Hasnaeni “Wanita Emas” Moein.

Baca:   Dukung Risma, Warga Duri Pulo: Ahok Pemimpin yang Sombong

Dari nama-nama tersebut yang memiliki elektabilitas tinggi adalah Ahmad Dhani, Ahok dan Sandiaga Uno. PKB belum memutuskan akan mendukung Ahok atau tidak karena saat ini proses penjaringan masih berlangsung. “Semua masih ada kesempatan,” tegas Hasbiallah, dikutip dari Rimanews.com, Senin (21/3/2016).

Hasbiallah mengatakan PKB tidak ingin mempercepat proses menentukan nama yang akan mereka usung meski pun partai lain ada yang telah menyatakan sikap mereka. Proses yang agak lama itu agar semua anggota tunduk pada keputusan yang telah diambil partai. “Supaya tidak ada gejolak,” tandas dia.