Elektabilitas Ahok Turun, Siti Zuhro Kritik Metode Survei, Ternyata Karena Hal Ini…

Siti Zuhro

Benarkah elektabilitas Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengalami penurunan? Menurut hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Penelitian dan Konsultan Manilka, elektabilitas Ahok turun.

Namun, peneliti politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Siti Zuhro, justru mengkritik hasil survei tersebut, dikutip dari tempo.co. Apakah ada yang salah dengan survei tersebut?

Akademikus yang dikenal kritis terhadap kinerja Ahok ini menilai dari sisi metodologi. Menurut Siti, tingkat margin error 4,7 persen sangat berisiko. Siti menilai paling tidak hasil survei bisa dipercaya dengan margin error di bawah 3 persen.

Baca:   Partai Nasdem tantang PDI-P buktikan konglomerat yang jadi sponsor Ahok

Menurut Siti, apabila survei tersebut dari tim sukses salah satu kelompok, jangan diumumkan ke publik. Sebab, survei bisa menggiring opini publik. Namun Siti tak menjelaskan tim sukses siapa yang dia maksud.

Ia mengimbau agar survei yang dihasilkan digunakan secara akademis dan dapat dipertanggungjawabkan. “Harus mencerahkan masyarakat,” kata Siti hari ini, Minggu, 21 Agustus 2016.