Fakta: Flu juga menular lewat alat make up, ini cara mencegahnya…

make-up-palsu

Flu bisa menyerang kapan saja disaat tubuh dalam kondisi kurang fit. Namun, sebuah fakta mengejutkan terungkap bahwa alat make up juga bisa jadi perantara penularan flu. Umumnya karena alat make yang digunakan menjadi sarang bakteri. Berikut beberapa tips mencegah penularan flu melalui alat make up, dilansir dari Okezone.

1. Hindari bertukar lipstik & maskara
Tak jarang para wanita kerap bertukar alat make up. Seperti lipstik dan maskara. Namun sayang, kebiasaan ini membuat terjadinya penyebaran bakteri dan virus flu. Selain lipstik, make up artis, Beth Ricanati mengatakan, mewaspadai dalam menggunakan maskara. Pasalnya, batang maskara bisa membawa bakteri dan mudah menyebar. Untuk itu Beth menganjurkan agar mengganti maskara setiap tiga bulan.

Baca:   6 Fakta Melahirkan Yang Tidak Banyak diketahui

2. ‎Membersihkan tas make up
Pastikan Anda membersihkan tas make up. Bersihkan bagian dalam dan luar tempat make up dengan tisu anti bakteri atau sampo bayi. Selanjutnya, keringkan sebelum dimasukkan produk make up. Pastikan pula untuk rutin mencuci brush beberapa kali sebulan, paling tidak setelah terlihat kotor. Selain itu untuk meminimalisir perkembangan bakteri, sisakan ruang dalam tas make up Anda dengan membuang item tak terpakai.

Baca:   5 Dampak Buruk AC Bagi Kesehatan

3. Bersihkan Setelah Pakai
Sediakan alkohol 70 persen dalam tas make up Anda. Hal ini berguna untuk meredam lipstik agar higienis. Cukup mengikis bagian atas lipstik yang telah digunakan orang lain dengan pisau roti atau cotton bud. Selanjutnya celupkan bagian atas pada sebuah wadah yang berisi alkohol dan taruh di freezer semalaman untuk membunuh bakteri.

Baca:   20 Fakta Tentang Orgasme yang Jarang diketahui

4. Rautan
Selain untuk meruncingkan produk kosmetik Anda, rautan juga bisa mencegah Anda terhindar dari flu. Pasalnya dengan meraut pensil setelah dipakai orang lain bisa membuat steril.

loading...