Fakta Penting Mengenai Pusing dan Vertigo, Anda Wajib Tahu

fakta tentang pusing

Pusing sesekali, adalah hal yang sangat umum terjadi, terutama pada orang dewasa. Tetapi, masalahnya akan lain, jika pusing itu disertai rasa berputar-putar atau vertigo. Pusing dapat membuat Anda merasa tidak seimbang sejenak dan tidak bersifat serius. Sementara vertigo, mungkin merupakan gejala utama dari gangguan keseimbangan. Vertigo juga dapat menyebabkan mual dan muntah.

Untuk mengetahui fakta-fakta tentang kedua kondisi tersebut dan belajar bagaimana membedakan keduanya, bacalah paparan para ahli mengenai kehilangan keseimbangan, pusing dan vertigo di bawah ini, dilansir oleh Health Kompas.

1. Bisa jadi tanda adanya masalah di telinga bagian dalam
Salah satu penyebab mengejutkan sakit kepala adalah benign paroxysmal positional vertigo atau BPPV,” kata Gregory Whitman, MD, dokter THT Massachusetts Eye and Ear’s Balance and Vestibular Center di Braintree Rehabilitation Hospital. Bagian dalam telinga Anda mengandung kristal berbasis kalsium dan protein yang disebut otoconia, kata Dr. Whitman.

Jika kristal ini copot dan mengapung ke kanal telinga bagian dalam Anda, Anda mungkin mrerasakan sensasi kepala seperti berputar-putar dalam waktu yang singkat. “Ini masalah mekanik sederhana yang dapat dan harus diperbaiki dengan terapi fisik, dan tidak dengan obat-obatan atau operasi,” kata Whitman.

2. Telinga Anda menyeimbangkan sistem kontrol aliran darah
“Sistem keseimbangan telinga dalam berkontribusi dalam mengontrol aliran darah kita,” kata Whitman. Ketika Anda bergerak dari berbaring ke berdiri, dua struktur telinga bagian dalam, yang utrikulus dan sakulus, mendeteksi gravitasi. Mereka memerintahkan sistem kardiovaskular menyesuaikan aliran darah untuk mengakomodasi perubahan di posisi, kata Whitman.

Baca:   Ini Cara Mengenali sakit Kepala Akibat Stroke

Jika proses ini berjalan dengan Pusing sesekali, adalah hal yang sangat umum terjadi, terutama pada orang dewasa. Tetapi, masalahnya akan lain, jika pusing itu disertai rasa berputar-putar atau vertigo.

Pusing dapat membuat Anda merasa tidak seimbang sejenak dan tidak bersifat serius. Sementara vertigo, mungkin merupakan gejala utama dari gangguan keseimbangan. Vertigo juga dapat menyebabkan mual dan muntah. Untuk mengetahui tidak semestianya, karena alasan apapun, Anda bisa merasa pusing.

3. Kekurangan vitamin B12 dapat membuat Anda merasa pusing
Kekurangan vitamin esensial ini dapat menyebabkan sejumlah masalah neurologis, termasuk. kehilangan keseimbangan, tekanan darah rendah dan menurunnya aliran darah ke otak Anda. Ini semua akan membuat Anda merasa pusing, kata Whitman.

4. Pusing mungkin merupakan gejala penyakit jantung
Salah satu penyebab sederhana pusing adalah gerakan yang tiba-tiba, seperti ketika Anda bangun dari kursi atau tempat tidur karena terkejut. Tapi kadang-kadang pusing juga bisa menjadi pertanda bahwa kondisi jantung tidak sehat, misalnya penyempitan atau bocornya katup jantung, aritmia seperti fibrilasi atrium, dan aterosklerosis, kata Patricia Blau, PhD, profesor terapi fisik di University of Texas Southwestern Medical Center di Dallas.

5. Migrain bisa menyebabkan vertigo
“Beberapa dari kita tahu bahwa pusing ada yang berhubungan dengan penyakit migrain, baik dengan atau tanpa sakit kepala,” kata Debara L. Tucci, MD, seorang profesor bedah di Duke Medicine di Durham, North Carolina. Gejala lain dari migrain yang terkait dengan vertigo adalah kepekaan berlebihan terhadap gerak, cahaya, dan suara, tambah Dr Tucci. Sekitar 40 persen penderita migrain pernah mengalami pusing yang berputar-putar atau vertigo, menurut Veda.

Baca:   10 Penyakit Paling Menyeramkan Sepanjang Ilmu Kedokteran

6. Pusing juga bisa disebabkan oleh kecemasan
Banyak orang yang menderita pusing, juga memiliki kecemasan. Ini terjadi terutama di kalangan orang-orang di usia dua puluhan, kata Whitman. Dibandingkan dengan orang-orang yang tidak memiliki kecemasan, orang-orang dengan gangguan kecemasan, lebih rentan merasa guncangan atau kehilangan keseimbangan ketika lingkungan visualnya bergerak, jelas Whitman.

7. Gerakan kapal, perahu, dan tempat tidur air dapat menyebabkan pusing
Orang merasa pusing ketika menjejakkan kaki ke daratan setelah pelayaran adalah hal yang umum terjadi, kata Carol Foster, MD, direktur laboratorium keseimbangan di University of Colorado Hospital di Aurora. “Untuk beberapa orang, perasaan yang disebut mal de debarquement ini, dapat bertahan selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun,” kata Dr Foster.

8. Pusing dan vertigo bisa jadi karena efek samping obat
Ada banyak obat yang dapat menyebabkan pusing, kata Whitman. Misalnya, obat untuk tekanan darah berdosis tinggi, terutama jika dikonsumsi oleh orang berusia senior atau yang baru mengonsumsi obat tersebut dan ternyata dosisnya terlalu tinggi bagi mereka.

9. Pola makan dan dehidrasi bisa memicu pusing
Menurut American Heart Association, dehidrasi juga dapat menyebabkan tekanan darah turun, yang dapat menyebabkan pusing. Begitupun dengan pola makan juga bisa mengakibatkan perasaan pusing, karena beberapa pola makan menyebabkan dehidrasi, kata Dr Blau.