Foto Ahok gotong mayat seorang muslim bikin geger medsos

ahok gubernur DKI 2017

Sebuah foto Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, sedang mengangkat dan mengantarkan jenazah seorang muslim menuju pemakaman bersama warga lainnya bikin heboh media sosial.Ahok yang kerap diserang isu SARA jelang Pilgub DKI oleh rival politiknya, dalam foto itu, tampak mengenakan baju koko di suatu area pemakaman. Foto tersebut diunggah oleh pemilik akun facebook Kongkow Bareng Gus Dur pada Selasa (8/3/2016).

“Gubernur yang selalu dikatai ‘kafir’ tapi walau warganya (juga ibu angkatnya) yg meninggal beragama Islam, tetap mau ngangkat jenazahnya,” tulis pemilik akun facebook itu, tanpa menyebut nama siapa ibu angkat Ahok yang dimaksudnya. Ahok menurut dia telah menunjukkan sikap toleransi yang luar biasa, bahkan dianggap telah mengamalkan petuah mantan Presiden RI sekaligus tokoh terkemuka NU, Abdurrahman Wahid (Gusdur).

Baca:   Terungkap Sudah Penyebab 'Hilangnya' Otto Hasibuan dari Sidang Jessica

“Tidak penting apapun agama atau sukumu. Jika kamu bisa melakukan sesuatu yang baik untuk semua orang, orang tidak akan bertanya apa agamamu,” tulis pemilik akun itu mengutip ajaran Gus Dur, diberitakan oleh laman Rimanews.com, Rabu (9/3/2016). Sementara itu, para netizen menanggapi foto itu dengan berbagai ragam komentar baik bernada mendukung maupun menolak.

Baca:   Keasyikan bermain alat bantu seks, wanita ini tabrak mobil didepannya

“Andai kata aku warga DKI aku akan pilih Ahok dengan alasan memilih abdi masyarakat bukan memilih kholifahku untuk jadi imamku di dalam sholat ku dan syariatku…,” Tulis Luay Uz Zaman II, di kolom kementar.

Sedangkan pemilik akun facebook bernama Tadin Ibnu Jasmit memberikan komentar yang berbeda. “Orang Islam pilih lah pemimpin dari golongan mu. Bukannya mencela golongan lain tapi ini wajib…,” tulisnya.