Foto Obama dan Istrinya Digambarkan Mirip Kera Oleh ‘De Morgan’

obama

Sebuah gambar yang memperlihatkan Barack Obama dan juga Istrinya menyerupai kera beredar luas didunia maya. Menurut informasi, foto tersebut diterbitkan oleh koran harian bernama De Morgen jelang kunjungan Barack Obama dan juga istrinya ke Belanda pada hari Senin 24 Maret 2014.

Kabar yang beredar mengatakan bahwa gambar tersebut adalah sebuah sindiran dalam bentuk candaan, dimana Barack Obama digambarkan sedang menjual ganja. Harian tersebut mengemas foto-foto itu seolah-olah disampaikan langsung oleh Vladimir Putin, Presiden Rusia.

Baca:   Korban Tewas Semakin Banyak, Polda Metro Jaya Gelar Razia Miras Skala Besar

Beberapa gambar disertai dengan keterangan bahwa, “Vladimir Putin adalah presiden Rusia. Dia mengirim lampiran ini kepada kami atas permintaan kami, dan memilih untuk mengirim gambar ketimbang teks karena dia tidak punya banyak waktu,” dikutip dari Kompas.com

Beredarnya gambar ini membuat pembaca menjadi marah dan mengecam harian yang telah menerbitkan gambar-gambar tersebut. Walaupun begitu, ada juga pembaca yang menganggap ini hanya sebuah candaan. Untuk membela diri, banyak foto-foto dan juga T-Shirt Bush yang digambarkan sebagai kera ditampilkan.

Baca:   KPK tangkap politisi Partai Gerindra terkait Raperda Reklamasi?

De Morgan segera mengklarifikasi gambar-gambar tersebut dan mengatakan bahwa hal tersebut adalah sebuah kekeliruan dalam mengasumsikan bahwa rasisme tidak lagi bisa diterima dan menjadikannya sebagai bahan lelucon.

“Ketika Anda menilai fragmen itu terpisah dari konteksnya, yang merupakan bagian dari sebuah satir, maka Anda tidak melihat lelucon, tetapi gambar yang membangkitkan rasisme semata,” kata harian De Morgan. “Kami secara keliru mengasumsikan bahwa rasisme tidak lagi diterima, dan bahwa itu bisa menjadi subyek sebuah lelucon.”

Baca:   Barack Obama Foto Selfie, Samsung di "Kepret" Gedung Putih

Apa pandangan kamu tentang beredarnya gambar ini?

loading...

Add Comment