Gara-Gara Hina Pancila, TNI Hentikan Kerjasama Dengan Australia

Australia melakukan penghinaan terhadap Indponesia. TNI pun tidak tinggal diam dengan upaya penghentian kerjasama kemiliteran dengan negara kanguru itu terkait perselisihan tersebut. Penghinaan yang mencakup pelecehan terhadap Pancasila di pangkalan militer di Perth, Australia itupun membuat TNI langsung tak mau lagi bekerja sama dengan militer Australia.

Dalam hal ini , Mabes TNI menegaskan seluruh kerja sama akan dikaji kembali sebelum TNI bersedia membuka kembali hubungan dengan Australia. “Bukan hanya latihan militer, tetapi seluruh kerja sama dengan Australia,” kata Kapuspen TNI Mayjen Wuryanto.

Baca:   6 Fakta dibalik teror bom yang mengguncang Sarinah, Jakarta Pusat

Berdasarkan pengakuan dari Wuryanto sendiri menegaskan jika penyebab penghentian sementara ini karena masalah teknis dan turun naiknya hubungan bilateral antara kedua negara.

“Ya ada masalah itu dan ada beberapa hal yang masih harus kita kaji lagi agar hubungan kerja sama ini menguntungkan kedua belah pihak,” tutupnya, seperti yang dilansir dari Merdeka.com (5/1/2016). Berdasarkan sejumlah bukti yang ada jika penghinaan terhadap Indonesia itu meliputi kata “Pancasila” diganti dengan “Pancagila” yang di dalamnya terdapat 5 filsafat gila.

loading...