Geger! Ada penampakan kota melayang di China, ini penjelasannya…

kota-melayang

Pernahkah kamu berpikir bahwa ada kota lain didunia yang tidak terlihat oleh mata manusia. Anggapan itu bisa saja benar adanya jika mengacu pada penampakan sebuah kota melayang yang baru saja terjadi di kota Jiangxi dan Foshan di China. Penampakan kota melayang itu pun sempat membuat warga geger karena menyaksikan langsung ada kota muncul diatas awan.

Karena jumlah warga yang menyaksikan fenomena itu mencapai ribuan orang, banyak pihak yakin bila penampakan kota melayang itu adalah bukti dunia paralel, seperti yang terjadi di film Thor 2: The Dark World. Kota misterius itu memang nampak berdiri di atas kumpulan awan, dengan beberapa deretan gedung yang tinggi menjulang.

Baca:   Remaja Yang Kepalanya Terbalik 180 Derajat Akhirnya Meninggal Dunia

Namun, tidak ada laporan mengenai kemunculan alien atau UFO (unidentified flying object). Di sisi lain, ilmuwan justru skeptis terhadap kota melayang itu, dan mengatakan bila fenomena tak lazim itu terjadi akibat fata morgana. Ya, kita orang Indonesia akrab dengan fata morgana yang membuat jalanan terlihat berair dan licin saat terkena sengatan sinar matahari.

Lalu, bagaimana bisa fata morgana membuat ‘ilusi’ kota melayang itu? Awalnya, sinar matahari membuat perbedaan suhu dan tekanan udara di permukaan bumi dan dan langit. Biasanya suhu di dekat daratan lebih dingin ketimbang di langit. Perbedaan suhu dan tekanan udara ini lantas membuat sinar matahari yang jatuh terbelokkan atau terputar balik, dikutip dari Merdeka.com.

Baca:   Orang Tua Gadis Kecil Ini Ketakutan Saat Lihat Foto Liburan, Ibu Melihat Hal Ini di Kaki Putrinya

Hasilnya, cahaya itu akan menghasilkan bayangan di langit yang berasal dari benda-benda di daratan. Dalam kasus di dua kota China itu adalah bayangan gedung-gedung bertingkat. Menariknya, menurut Softpedia, ada pihak yang menyebut bila bayangan kota melayang di China itu muncul akibat uji coba teknologi hologram milik NASA atau Badan Antariksa Amerika.