Google Translate dari Kamera Ponsel Tanpa Internet

google-translate

Jika selama ini kita harus terhubung ke internet untuk bisa menerjemahkan sebuah kata atau kalimat, maka dengan fitur baru dari Google Translate, hal itu tidak perlu lagi. Hanya dengan bermodalkan kamera ponsel, maka mentranslate sebuah kata atau kalimat jadi lebih mudah. Caranya pun cukup mudah dan tidak perlu lagi cape-cape mengetik.

Cukup buka Google Translate versi terbaru di ponsel Android atau iOS, tekan ikon kamera, lalu arahkan kamera ke teks yang ingin diterjemahkan, lalu teks itu pun akan berubah dari bahasa asal ke bahasa tujuan, langsung di tampilan jendela bidik kamera ponsel. Ini bisa terwujud berkat fitur khusus bernama “Word Lens” yang mulai diintegrasikan pada Januari lalu ke Google Translate.

Baca:   Oh MG...Game COC (Clash of Clans) akan tutup server 29 Februari 2016?

“Kami sadar bahwa pengguna membutuhkan alat penerjemah saat mereka jauh dari komputer, atau saat mereka tidak terhubung ke internet, misalnya saat berwisata atau memesan makanan di restoran,” ujar Product Manager Google Translate Julie Catteau dalam keterangan tertulis, dikutip dari Tekno Kompas, Sabtu 8 Agustus 2015..

Perlu ditambahkan bahwa pengguna ponsel harus mengunduh paket online bahasa yang dikehendaki terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan Word Lens secara offline. Bahasa Indonesia adalah salah satu dari total sebanyak 27 bahasa yang sekarang sudah didukung oleh penerjemahan Word Lens Google Translate.

Baca:   Konsep Kota Masa Depan Berbentuk Ikan Pari Mengapung di Laut

Lainnya termasuk bahasa Perancis, Jerman, Thailand, Rusia, Spanyol, Portugal, Turki, dan Italia. Word Lens sendiri adalah teknologi yang diperoleh Google melalui akuisisi perusahaan Quest Visual pada Mei 2014. Penasaran ingin mencobanya?