Harga batu bacan terkini, mulai ratusan ribu hingga ratusan juta

harga-batu-bacan

Meskipun pamor batu akik saat ini sudah tidak sebagus awal-awal ketika mulai booming, tapi khusus untuk batu bacan tetap menjadi primadona. Batu bacan hingga kini tidak pernah kehilangan peminat dan pamor hingga saat ini dan harganya pun tetap stabil. Masyarakat Indonesia sepertinya mulai lagi demam batu akik yang sempat redup.

Batu Bacan memang memiliki banyak kelebihan yang membuatnya diminati oleh para penggemar batu akik. Ada beberapa kelebihan yang paling menonjol dari batu jenis ini. Batu jenis ini dikatakn batu hidup yang bisa berproses secara alami dan akan semakinlama akan semakin bagus. Batu ini bisa mengalami perubahan warna dari hitam menjadi berwarna hijau.

Baca:   Lucu, Foto Unik Anjing Tunawisma dengan Seorang Bayi

Selain itu batu bacan jenis doko juga bisa menyerap senyawa yang lain, misal jika batu ini disandingkan dengan pengikat berwarna emas maka lambat laun warna batu akan memiliki bintik-bintik warna emas. Kelebihan yang lain adalah batu ini memiliki tingkat kekerasan 7,5 skala Mohs yang bahkan dikatakan lebih keras dari batu giok, dikutip dari Metroterkini.com.

Baca:   Cara Membedakan Batu Akik Asli dan Palsu

Selain karena berbagai kelebihan di atas, harga mahal juga disebabkan karena batu akik bacan ini mempunyai sejarah yang begitu kuat karena sudah menjadi pilihan sebagai perhiasan dari empat kesultanan di daerah nya. Batu jenis ini memiliki range harga dari Rp. 200 ribu sampai dengan Rp. 2.5 juta per gram. Bahkan dengan kualitas yang super, batu jenis ini mampu menembus harga 40 juta sampai 100 juta per kilogram nya.