Hati-Hati, Bayi Ini Mengalami Kebutaan Setelah Kena Cahaya Blitz (Flash) Kamera

kamera-digital

Kejadian ini mungkin bisa menjadi perhatian bagi orang tua. Seorang bayi di China yang baru berumur 3 bulan mengalami kebutaan permanen setelah matanya terkena efek berbahaya dari lampu kilatan cahaya kamera. Saat memotret sang bayi, fotografer lupa mematikan kilatan cahaya dari kamera. Menurut dokter yang menangani, kerusakan mata bayi disebabkan fotogarfer terlalu dekat mengambil gambar dengan blitz kamera yang dibiarkan dalam keadaan menyala.

Menurut berita yang dilansir Worlwide Weird News.com pada Jumat, 31 Juli 2015, orang tua sang bayi yang belum diberi nama tersebut, mengatakan penglihatan anaknya mulai terganggu seusai melakukan foto. Orang tua bayi kemudian membawa bayinya ke dokter mata. Sesampainya di sana didapati ada kelainan pada mata kiri anaknya, di mana makulanya terbakar. Setelah kejadian itu, si bayi mengalami kekurangan visi di mata kiri dan kebutaan di mata kanan. Kerusakan itu permanen dan tak bisa diperbaiki lewat operasi.

Baca:   Ini penyebab TKW menikahi sesama jenis di Hong Kong

Flash kuat dari lampu kamera merusak sel-sel di makula, yang merupakan bagian dari mata saat sinar cahaya yang masuk terfokus. Kerusakan makula dapat menyebabkan hilangnya penglihatan sentral, yang memungkinkan orang untuk melihat langsung, demikian dikutip dari Tempo.co, Rabu 7/10/2015.

Para ahli mengatakan makula tidak sepenuhnya berkembang sempurna sampai anak berusia empat tahun. Karena itu anak-anak sangat sensitif terhadap cahaya terang. Para ahli juga memperingatkan bahwa hanya dengan hitungan milidetik dari cahaya terang dapat menyebabkan kerusakan permanen. Belum jelas, apakah pihak keluarga akan menuntut sang fotografer yang sudah menyebabkan kebutaan permanen pada anaknya atau tidak. Namun, semoga hal ini bisa menjadi pelajaran berharga bagi semua orang tua.

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…