Hati-Hati, Jangan Beli iPhone SE Sebelum Baca Ini

iPhone SE

Pada akhir Maret lalu, iPhone SE resmi diluncurkan secara global. Sejak itu, beberapa situ jual beli online dalam negeri langsung menawarkan produk besutan Apple di situs jual beli mereka. Sayangnya, iPhone SE ternyata belum mendapat sertifikat dari Pemerintah Indonesia. Berdasarkan lansiran JawaPos.com, beberapa situs penjualan online yang menawarkan iPhone SE tersebut adalah Blibli.com, MatahariMall.com dan JD.id.

Masing-masing situs tersebut juga menawarkan harga yang berbeda-beda. Di website Blibli.com menjual iPhone SE 16 GB seharga Rp 7,5 juta. Untuk versi yang sama, Jd.id mambanderol lebih murah, yaitu Rp 6,6 juta, sedangkan di Mataharimall.com seharga Rp 7,4 juta. “Benar, iPhone SE sudah bisa didapat. Waktu pengiriman 3-5 hari,” ujar admin Mataharimall.com saat JawaPos.com mencoba memastikan penjualan iPhone SE terebut melalui fitur chatting.

Baca:   Vivo Luncurkan Smartphone V3 dan V3 Max di Indonesia

Sementara itu, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) saat ini belum mengeluarkan izin untuk iPhone SE alias belum tersertifikasi. Jadi, bisa dikatakan iPhone SE yang dijual saat ini adalah ilegal. iPhone SE saat ini masih dalam proses pengujian dengan nomor model A1723. Statusnya, dalam proses pembuatan surat pengantar pengujian perangkat (SP3).

Baca:   Deretan Smartphone Android Terbaik asal China

Prosesnya sendiri pun masih cukup panjang karena harus memenuhi berbagai persyaratan yang berlaku di Indonesia. Apalagi, produk dari pabrikan asal Cupertino, Amerika Serikat, ini sudah mendukung jaringan 4G LTE, sehingga harus memenuhi tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) yang diwajibkan pemerintah Indonesia. Untuk tahun ini, TKDN dipatok sebesar 20 persen dan tahun 2017 mendatang naik menjadi 30 persen.