Hebat! Ini Dia Kapal Selam Canggih Tanpa Awak Buatan Indonesia, Anda Mau Tahu?

Seiring dengan perkembangan zaman, perkemabangan dunia kemiliteran Indonesia juga terus berkembang dan mebuat bangga. Saat ini sejumlah prestasi berhasil diukir oleh militer Indonesia di dunia internasional sehingga Indonesia kini tidak bisa lagi dipandang sebelah mata oleh militer negara lain.

Dan kabarnya Indonesia kini memiliki sebuh kapal selam canggih yang bisa beroperasi tanpa awak. Kapal selam canggih ini dikenal dengan nama Kaledupa yang dibuat untuk mengamankan wilayah laut yang luas dengan biaya yang efisien. Kaledupa dibuat oleh PT Robo Marine Indonesia, satu perusahaan teknologi yang berbasis di Bandung, Jawa Barat.

Baca:   Tragis! Rayakan Natal, Jemaat GKI Yasmin dibubarkan Secara Paksa

Kaledupa adalah teknologi penginderaan bawah air, perekam bawah air dengan resolusi HD dan alat-alat pencahayaan LED yang membantu kapal selam melihat ratusan meter di bawah laut. Direktur Departemen Pertahanan untuk industri pertahanan dan teknologi, Brigjen Jan Pieter Ate, mengatakan bahwa kapal selam tak berawak dengan nama Kaledupa itu dapat beroperasi pada kedalaman 150 meter.

“Kementerian Pertahanan telah memerintahkan industri pertahanan untuk mengembangkan teknologi untuk kapal selam tak berawak ini. Kami telah menunjuk PT Robo Marine Indonesia karena perusahaan tersebut memiliki keterampilan dalam teknologi ini,” ujar Jan Pieter kepada The Jakarta Post. Saat ini Kaledupa telah diuji di perairan Wakatobi, Sulawesi Tenggara, pada hari Minggu guna mendapatkan sertifikat kelayakan.

Baca:   PKS resmi pecat Fahri Hamzah, ini suratnya...

“Selama pengujian, Kaledupa berhasil membuktikan semua kelebihannya. Kami berharap perkembangan teknologi baru ini akan mengurangi ketergantungan kita pada sistem persenjataan asing,” kata Jan Pieter, seperti yang dilansir dari iniada.net (15/12/2016).