Heboh! Sopir Ini Berani Minta Polisi Tunjukkan Surat Resmi Razia

polisi razia ilegal, foto polisi lakukan razia ilegal

Dimana-mana, polisi gencar melakukan razia. Tujuannya memang mulia, yaitu menjaga ketertiban dan juga keamanan negara. Sayang, tidak semua razia yang dilakukan oleh polisi legal, tapi lebih banyak yang melakukan razia ilegal demi keuntungan pribadi. Apa lagi Mabes Polri sudah menginstruksikan kepada jajarannya untuk melakukan razia serentak di seluruh wilaya Indonesia. Baca juga [Remaja 17 Tahun dipaksa Jadi Istri Kedua Oleh Kepala Polisi Chechnya]

Nah, tidak mau menjadi korban razia ilegal oleh oknum polisi, seorang pengendara dengan berani menantang polisi yang menghentikan kendaraannya untuk menunjukkan surat resmi. Keberanian ini ditunjukkan langsung dalam video bertajuk ‘JANGAN TAKUT MENGHADAPI RAZIA ILEGAL OKNUM POLISI NAKAL’ yang diunggah Benni Eduward, dikutip dari Merdeka.com, Senin 15 Juni 2015.

Baca:   Polisi Mengaku Mengalami Kejadian Mistis di Rumah Angeline

Dalam video berdurasi 1 menit 58 detik itu, seorang polisi lalu lintas meminta pengendara berkaos merah untuk memperlihatkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) serta Surat Izin Mengemudi (SIM) miliknya. Kejadian ini berlangsung di Jalan Lintas Sumatera dari Riau menuju Medan. Baca juga [Tolak Bayar Denda Rp 41.000, Wanita Ini ditimpuk Bata Oleh Polisi]

Berhadapan dengan petugas tak lantas membuat pengendara mobil ini merasa takut. Dengan tegas, dia meminta petugas menunjukkan surat razia yang dikeluarkan kantor kepolisian setempat. Ternyata, polisi tersebut tak mampu menunjukkan surat resmi yang dimintanya. Bahkan, dia tampak kebingungan mendengarnya. Mendapati hal itu, pengendara ini enggan menunjukkan STNK atau SIM miliknya.

Baca:   Ahok: Gila apa lahan negara dikasih ke Podomoro? Kamu kira aku sinting?

Merasa haknya tak dijawab, pengendara itu pun mengungkapkan hak masyarakat yang bisa meminta surat razia seperti yang disosialisasikan Mabes Polri. Petugas yang mendengarnya hanya mengangguk-anggukan kepala, namun berkilah bahwa razia tersebut digelar dengan resmi. Lewat postingannya, Benni mengungkapkan jalur tersebut razia ilegal memang kerap kali digelar.

“Video saat di stop oknum polisi di tikungan jalan yang sepi, jalan Lintas Sumatera Utara, Riau – Medan, dimana memang diberitakan sering terjadi razia ilegal oknum polisi tanpa atribut yang lengkap dan tanpa surat perintah dan tanda-tanda operasi resmi kepolisian, seringkali mengincar plat mobil/motor luar kota. Sebagai pengendara yang tahu hukum, harus bijak dan teliti dalam membedakan antara razia resmi dan razia ilegal, dapat dilihat pada page fb Divisi Humas Polri,” tulisnya.

loading...