Heboh! Warga di Sulawesi Tenggara Mengira Boneka Seks Sebagai ‘Malaikat’

berita-hoax

Beberapa waktu lalu heboh dengan penemuan seorang ‘malaikat’ yang jatuh dari langit di Sulawesi Tenggara oleh warga. Foto-foto malaikat itu pun menjadi viral di sosial media dan menjadi pemberitaan media asing. Namun, belakangan diketahui bahwa malaikat yang dimaksud ternyata hanya sebuah boneka seks. Penemuan boneka seks itu terjadi di Desa Kalupapi di Kepulauan Banggai, wilayah terpencil di Indonesia Timur.

Polisi setempat melakukan penyelidikan setelah cerita tentang ‘malaikat’ yang turun dari langit itu ramai diperbincangkan di media sosial. “Ketika petugas kami tiba, mereka melihat bahwa ‘fallen angel’ itu hanya boneka, itu mainan seks,” kata kepala polisi setempat Heru Pramukarno kepada AFP yang dilansir dari Sindonews.com, Selasa (3/5/2016). ‘Fallen angel’ merupakan istilah populer untuk menyebut mitos malaikat yang turun dari langit.

Boneka itu ditemukan warga bernama Pardin. Penemuan ini terjadi sehari setelah gerhana matahari tejadi di wilayah itu. Lantaran bersamaan dengan momen gerahana matahari yang langka itu, penduduk mengaitkan temuan boneka itu dengan takhayul. Temuan boneka itu memicu warga Desa Kalupapi mendatangi rumah Pardin. Ibunya mendadani boneka itu dengan pakaian bagus dan dikenakan jilbab. Boneka perempuan itu dipajang kursi.

Polisi memutuskan untuk menyelidiki setelah merasa prihatin dengan ramainya desas-desus tentang ‘malaikat”‘yang turun dari langit. Polisi khawatir desas-desus itu bisa memicu kerusuhan. “Kami mendengar banyak cerita, seperti ‘fallen angel’ yang menangis ketika dia ditemukan,” kata Pramukarno. Masalahnya, kata dia, itu hanya ketidaktahuan warga desa di wilayah terpencil di Kalupapi. “Mereka tidak punya internet, mereka tidak tahu apa itu mainan seks,” katanya.

loading...