Hina Indonesia, Zaskia Gotik terancam denda Rp 500 juta dan Penjara 5 tahun

zaskia-gotik

Bagi Anda yang suka becanda, sebaiknya hati-hati dan jangan asbun, asal bunyi. Jika salah-salah, maka Anda akan kena pasal penghinaan dan juga denda yang tidak sedikit. Apa lagi yang dihina adalah negara Anda sendiri atau tempat Anda hidup dan mencari nafkah. Seperti yang dilakukan oleh Zaskia Gotik yang karena candaannya, kini artis dangdut itu terancam denda Rp 500 juta dan penjara 5 tahun.

Baca:   Denny Cagur juga terlibat kasus penghinaan Lambang Negara?

Hal itu karena Zaskia Gotik dinilai menghina lambang negara dan juga hari proklamasi kemerdekaan Indonesia. Netizen yang menganggap candaan Zaskia tidak lucu menunjukkan reaksi keras dan mengecam aksi pelantun “1 Menit” itu. Pasalnya, candaan mantan kekasih Vicky Prasetyo itu bisa dibawa ke ranah hukum, demikian dilansir dari Laman Rimansews.com, Rabu (16/3/2016).

Baca:   Ucapkan Selamat Lahirnya Pancasila, Zaskia Goktik Kembali dibully, Ini Sebabnya

Zaskia juga terancam dipenjara karena candaannya telah tertera dalam peraturan hukum di mana terdapat larangan menghina negara dan lambangnya telah diatur dalam Pasal 24 UU Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.

“Setiap orang dilarang: (a) mencoret, menulisi, menggambari, atau membuat rusak Lambang Negara dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Lambang Negara. Dipidana dengan dengan pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak Rp500 juta,” bunyi Pasal 57 a jo Pasal 68.

Baca:   Ini Dia Bentuk Pelecehan Seksual Yang Dialami Jessica Iskandar

Sekadar diketahui, Zaskia menyebut lambang negara sebagai “Bebek Nungging” dan Hari Proklamasi jatuh pada 32 Agustus.

loading...