Ini Alasan Jaringan 4G LTE di Indonesia Berkecepatan 3G

jaringan-4G

Kabar baik bagi pengguna internet di Indonesia karena jaringan 4G LTE sudah mulai bisa dinikmati di beberapa wilayah. Dengan jaringan 4G LTE (Long Term Evolution) maka tidak ada lagi delay alias lelet dan membuat akses internet semakin kencang. Tapi seperti itu masih angan-angan karena kecepatan internet dengan jaringan 4G di Indonesia masih sangat jauh dibanding negara tetangga. Baca juga [Jaringan 4G LTE Bikin Akses Situs Porno Meningkat]

Sebagai perbandingan, kecepatan 4G LTE di Singapura bisa menembus 75 Mbps untuk downlink, sementara di Indonesia rata-rata hanya 30-35 Mbps. Salim Eben Ezer, Tech Operation Lead Qualcomm Mobile and Computing SEA mengatakan, secara teknologi sejumlah operator seluler di Indonesia sudah mengadopsi 4G LTE. Akan tetapi, kecepatannya belum maksimal karena kapasitas spektrum yang dimiliki masih kecil.

Baca:   Mulai dibuat, Kapan Laptop Xiaomi Akan dirilis?

“Kecepatan koneksi 4G LTE yang cepat dan stabil membutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak yaitu pemerintah, operator seluler, dan penyedia teknologi,” ujar Ezer pada saat acara Bincang Santai #Ngabuburit4Gue bersama Qualcomm dan Smartfren di kantor Smartfren, Jakarta. Ezer menambahkan, kecepatan koneksi internet bergantung pada tiga faktor. Antara lain adalah sumber daya spektrum yang dimiliki operator seluler, jumlah pengguna, dan situasi dimana pengguna internet berada.

“Dengan permintaan data dari pengguna yang terus melonjak, akan menjadi dorongan operator seluler untuk meningkatkan sumber daya spektrum yang dimiliki,” pungkasnya, dikutip dari Liputan6.com, Selasa 7 Juli 2015. Sebagai informasi, secara keseluruhan lebar pita 4G LTE di spektrum frekuensi 1800 MHz adalah 75 MHz. Operator Tri memiliki total sumber daya sebesar 10 MHz. Untuk Telkomsel, XL, dan Indosat masing-masing memiliki lebar pita 22,5 MHz.

Baca:   SanDisk Luncurkan MicroSD Kapasitas 200GB

Sementara untuk Smartfren, operator berbasis CDMA itu tidak menggelar layanan 4G LTE di frekuensi 1800 MHz. Smartfren memanfaatkan frekuensi 850 MHz dan 2300 MHz dengan lebar pita masing-masing 10 MHz dan 30 MHz.