Ini bumbu masak Solaria yang mengandung babi

bumbu-haram

Sebuah temuan mengejutkan berhasil diungkap oleh Lembaga pengkajian pangan, obat-obatan, dan kosmetik (LPPOM) MUI Balikpapan. Di sebuah Solaria Balikpapan Plaza ditemukan adanya bumbu masak haram yang dinyatakan mengandung babi. Temuan itu berdasarkan hasil uji laboratorium yang sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu, demikian diungkap oleh BPPOM Balikpapan.

“Ini sudah terbukti berdasarkan pemeriksaan laboratorium. Kami sudah memeriksa sebulan lalu dan hasilnya kemarin. Kami juga sudah membuatkan dokumen khusus oleh dinas pertanian karena ada timnya di sana,” ujar Sekretaris MUI Balikpapan, Jailani, pada wartawan, Selasa 24 November 2015. MUI juga berencana melaporkan ke Wali Kota Balikpapan untuk diambil tindakan. LPPOM MUI Kaltim segera melaporkan hal ini ke BPOM MUI Pusat,” tambahnya.

Baca:   Caleg Gerindra diraba Oleh Teman Satu Partai, Lapor Polisi

Jailani menuturkan, bumbu berbahan babi itu sudah diakui digunakan pegawai Solaria Balikpapan. “Bumbu-bumbu itu diakui pegawai Solaria dan didatangkan semua dari Jakarta,” jelasnya, dikutip dari Pojoksatu.id. Sementara Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Lukmanul Hakim mengakui ada inspeksi mendadak (sidak) aparat Pemerintah Kota Balikpapan bersama MUI setempat.

Baca:   Terima uang salah transfer Rp 5,1 miliar, nasabah BNI habiskan Rp 2,2 miliar

Namun, LPPOM MUI Balikpapan tidak terlibat dalam kegiatan itu. “LPPOM sendiri tidak diundang,” ujarnya. Lukman juga tak ingin terburu-buru memberikan keputusan dari temuan tersebut. Menurutnya, Solaria berada dalam pantauan pihaknya. Bahan baku Solaria, berasal dari pusat dan sudah bersertifikat halal.