Ini Cara Menghitung Cinta Dengan Rumus Matematika

Selama ini matematika hanya digunakan untuk menghitung hal-hal yang pasti dan juga angka. Namun, Hannah Fry, seorang ahli metematika yang berasal dari University College London (UCL) telah menemukan rumus cinta yang selama ini dicari oleh para penyair dan juga filsuf. Apa itu cinta sejati? Hannah mengaku memiliki jawabannya dan juga sangat sederhana. Jika ingin cintamu bertahan lama, maka Hannah menyarankan untuk berbuat baik satu sama lainnya.

Hannah menjelaskan bahwa alat prediksi terbaik untuk mengetahui panjang pendeknya hubungan adalah tingkat positif dan negatif yang diberikan seseorang pada pasangannya. Begitu juga sebaliknya. Terdengar remeh? Memang. Tetapi Hannah juga membuat grafik dan rumus terkait dengan kesimpulan sederhana itu. Lihat sendiri rumus dan grafiknya di bawah ini, dilansir dari Merdeka.com, Jumat 3 Juli 2015.

Baca:   5 Cara Membuat Istri Merasa Spesial

rumus-cinta

Dalam bukunya, Mathematics of Love, Hannah mendiskusikan salah satu hasil penelitian psikolog John Gottman yang mengamati 100 pasangan melalui ekspresi wajah, detak jantung, tekanan darah, dan kalimat yang mereka gunakan dalam percakapan dengan pasangan. Dia menemukan bahwa pasangan yang bisa bertahan lama adalah yang dipenuhi oleh sisi positif, sementara yang lebih cepat putus hubungan adalah mereka yang lebih sering dipenuhi sisi negatif.

Baca:   Mengaku Gay, CEO Apple Akan Donasikan Seluruh Hartanya Untuk Amal

“Dalam hubungan yang positif, perilaku buruk dinilai memiliki penjelasan. Misalkan ketika suami terlihat murung, sang istri berpendapat itu adalah karena stres pekerjaan dan berusaha menghiburnya. Sementara pada hubungan yang negatif, sikap murung suami dilihat sebagai bawaan dan dinilai sebagai sikap yang egois oleh istrinya. Hasilnya adalah interaksi yang negatif,” ungkap Hannah memberi contoh.

Baca:   Kasihan, Beli 99 iPhone 6 Untuk Lamar Pacar Namun ditolak

Dalam penelitiannya, Gottman dan James Murray menemukan bahwa pengaruh pasangan terhadap satu sama lain adalah faktor penting dari sebuah hubungan. Jika suami memberikan pengaruh positif, kemungkinan besar istri juga akan memberi umpan balik berupa hal yang positif.

loading...