Ini dia batu primadona baru warga Wonogiri, batu akik Arjuna

batu-akik-arjuna

Meskipun tren batu akik sudah tidak lagi seramai pada saat awal-awal. Namun, bagi para kolektor batuk akik, hal itu tidak menjadi halangan untuk tetap berburu batu akik yang unik dan bernilai seni tinggi. Hal itu, karena setiap kolektor batu akik akan merasa senang dan bangga jika berhasil mengoleksi batu akik yang mereka dapat dari berbagai daerah.

Dan salah satu jenis batu akik yang saat ini menjadi primadona warga Wonogiri, Jawa Tengah, yaitu batu jenis batik arjuna. Eksistensinya saat ini, mulai menyaingi batu jenis fire opal atau barjad api. Menurut Akta Yudha, pemilik lapak jual-beli batu mulia dan akik di Jalan Veteran Yogya, batu batik arjuna tergolong jenis batu baru yang ditemukan di Wonogiri. Jenis batu ini belum banyak diperjualbelikan.

Baca:   Bikin Iri, Pria Ini Punya Pacar Artis Cantik, Netizen Sampai Dibuat Terkagum-Kagum Lihat Foto-fotonya

Ciri khasnya, ia menjelaskan, batu tersebut dihiasi motif menyerupai batik. Bahkan jika beruntung, dapat ditemukan motif gambar seperti pemandangan, huruf, angka, sosok maupun satwa. Sementara tingkat kekerasan batu batik arjuna, yakni sekira tiga sampai lima skala mohs. Mengenai harga jualnya, batu asal Wonogiri itu dibanderol sekira Rp100 ribu untuk satu buah batu yang jadi.

Baca:   Aksi 'Gila' Pria Membelah Gunung Selama 22 Tahun Sendirian, Hasilnya Pun Diluar Dugaan Banyak Orang

“Kami sudah menyediakan jenis batu akik berasal dari Wonogiri ini, baik masih bahan maupun sudah digosok. Harga sudah digosok rata-rata Rp 100.000 perbiji, ketika ditemukan gambar dan berkualitas ada yang sampai Rp 2 juta perbiji,” ungkap Yudha, beberapa waktu lalu, dilansir Okezone.com. Ia menjelaskan, untuk mengukur kualitas sebua batu, penilaian didasarkan pada tingkat kejelasan gambar, warna, keunikan, kelangkaan, dan jenis batunya.

Baca:   Ahh...Ketahuan! Ternyata Ini Sosok dibalik Humor Mukidi Yang Sedang Viral

Ketika menemukan motif gambar dalam batu, namun gambar tak jelas atau tak detail, biasanya akan dihargai lebih murah. Ketika diikutkan lomba, nilai yang dikumpulkan juga tak bisa maksimal. Ia sendiri mempunyai sejumlah jenis batu bergambar yang dikoleksi, bahkan dalam satu liontin ditemukan sampai delapan gambar.

“Liontin dengan delapan gambar ini sudah kami banderol Rp8 juta. Lain halnya dengan motif gambar Gunung Merapi meletus cukup Rp4 juta,” papar Yudha sembari menunjukkan batu bergambar yang dimaksud.

loading...