Ini Jumlah Air yang dipompa Sumur Zamzam Setiap Detiknya

sumur-zamzam

Bagi umat islam, air zamzam dianggap punya khasiat yang baik untuk kesehatan. Zamzam sendiri merupakan sumur mata air yang terletak di kawasan Masjid Haram, sebelah tenggara Kabah, dengan kedalaman 42 meter. Awal mula terbentuknya sumur zamzam ketika Siti Hajar kesusahan mencari air untuk anaknya, Ismail yang kehausan. Saat itulah secara tiba-tiba dari sela-sela jari Ismail keluarlah air yang kini dikenal sebagai zamzam.

Sebagai bukti kekuasaan-Nya, mata air zamzam tak pernah kering meski terus dipompa untuk jutaan orang yang datang dari seluruh dunia ke Mekah. Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya berapa sebenarnya air yang dikeluarkan oleh zamzam? Dilansir dari Saudi Gazette, sumur zamzam dipompa agar bisa mengeluarkan 11-19 liter air dalam satu detik. Jumlahnya akan bertambah pada saat Ramadan dan musim haji tiba.

Baca:   5 Kematian Tragis Karena Berhubungan Intim

“King Abdullah Zamzam Water Factory menghasilkan 200.000 botol air berisi 10 liter zamzam dalam sehari. Produksi botol air bertambah selama Ramadan dan musim haji, kata Zuhair Nawab, Presiden Saudi Geological Survey, dikutip dari Liputan6.com, Jumat (17/6/2016). Pusat penelitian khusus untuk air zamzam juga didirikan untuk memastikan air zamzam disajikan pada kualitas terbaik. Pusat ini meneliti tentang sumber air zamzam, jenis tanah di sekitarnya, dan jenis air yang keluar.

Baca:   Heboh! Buku Pelajaran SD Berisi Banci Boleh Jadi Imam

“Permintaan atas air Zamzam semakin meningkat di seluruh kerajaan dan bukan hanya untuk warga Mekah. Jumlah jemaah haji meningkat dan pusat penelitian ini berharap bisa menemukan solusi efektif dan efisien dalam memenuhi kebutuhan tersebut,” tutup Nawab.