Ini penyebab rasa sakit menstruasi pada wanita berbeda-beda

datang-bulan

Saat mengalami menstruasi pada hari pertama, ada wanita yang merasa kesakitan luar biasa namun ada juga yang justru biasa-biasa saja seperti tidak sedang datang ‘tamu’ bulanan. Memamng faktanya setiap wanita mengalami menstruasi yang berbeda-berbeda. Tidak perduli mau wanita sehat, ternyata mereka juga bisa mengalami rasa sakit yang luar biasa saat menstruasi.

Kondisi menstruasi yang menyakitkan seperti ini diterangkan oleh asisten profesor kebidanan dan kandungan dari Mount Sinai School of Medicine, Alyssa Dweck. Apa saja itu? Berikut, empat alasan menstruasi bisa terasa menyenangkan atau menyakitkan seperti dikutip laman Liputan6.com, Jumat (5/2/2016). Selengkapnya bisa Anda simak dibawah ini.

Baca:   5 Manfaat luar biasa bagi kesehatan jika kamu tertawa

1. Diet buruk
Cara mengurangi berat badan yang tidak sehat berdampak buruk pada kondisi menstruasi seseorang. “Jika wanita memiliki diet yang buruk, hal itu dapat memperburuk menstruasi,” terang Dweck. Sebuah studi juga mengungkapkan anak perempuan usia sekolah yang lebih banyak makan junk food cenderung menderita saat menstruasi. Sementara penelitian lain mengungkapkan konsumsi makanan bernutrisi seperti Omega-3 dan kalsium bisa mengurangi rasa sakit.

Baca:   5 Cara Menjaga Kebersihan Vagina Agar Tidak Bau

2. Usia
Pada sebagian wanita berusia 40-50-an tahun sering mengalami menstruasi yang tidak nyaman seperti diterangkan profesor kebidanan dan kandungan Icahn School of Medicine dari Mount Sinai, Mamta Mamik. Hal ini umum terjadi ketika masuki perimenopaus, sebuah tahap sebelum menopause.

3. Kurang atau berlebihan berolahraga
“Wanita yang jarang berolahraga menstruasinya biasanya tidak nyaman dibandingkan yang berolahraga,” terang Dweck. Untuk mengurangi rasa sakit, dengan olahraga sederhana sudah mampu melancarkan aliran darah menstruasi. “Namun olahraga yang berlebihan juga menyebabkan ketidakhadiran menstruasi atau mengurangi periode menstruasi,” terang Mamik.

Baca:   Apakah Anda Mengalami Menstruasi Dua Kali Dalam Sebulan? Bisa Jadi 5 Hal Ini Penyebabnya

4. Hal serius terjadi
“Rasa sakit menstruasi dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor patologis di dalam rahim,” terang Mamik. Bisa jadi rasa sakit disebabkan kondisi fibroid atau polip. Segera periksakan diri ke dokter ketika alami menstruasi terasa sakit dari biasanya.

loading...