Ini penyebab tubuh tiba-tiba memar seperti habis dicubit

kulit-tiba-tiba-memar

Memar adalah hal wajar dan pasti setiap orang pernah mengalami karena benturan. Namun, pernahkah kamu mengalami tubuh tiba-tiba memar padahal kamu merasa tidak pernah berbenturan dengan benda apapun? Jika iya, maka itu merupakan tanda bahwa ada sesuatu hal yang terjadi pada tubuh kamu diluar dari hal yang sudah disebutkan diawal. Dilansir dari Liputan6.com, berikut beberapa penyebab tubuh tiba-tiba memar.

1. Memar Karena Penyakit
Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan munculnya memar secara tiba-tiba di tubuh kamu. Salah satunya adalah diabetes. Memar yang muncul merupakan gejala awal karena pembuluh darah yang melemah dan menyebabkan perdarahan kapiler internal. Memar juga bisa dipicu kelainan darah atau hermofilia. Kamu sebaiknya waspada karena hermofilia bisa menjadi indikasi kanker darah.

Baca:   Selain Karena Nikmat Tiada Tara, Ini Alasan Penting Kenapa Anda Harus dan Tidak Boleh Masturbasi

Selanjutnya ada pula purpura dermatosis, di mana terjadi kesalahan pada kondisi kulit dan mengakibatkan darah keluar dari kapiler. Pada beberapa kasus, memar yang ditimbulkan penyakit ini akan menimbulkan rasa gatal.

2. Memar Karena Faktor Fisik
Tidak bisa dipungkiri bahwa semakin tua, tubuh pun menjadi semakin lemah. Saat kamu mencapai umur 60 tahun atau lebih, produksi kolagen dan lapisan lemak yang melindungi kulit menurun sehingga kamu lebih mudah mendapatkan memar. Memar oleh faktor fisik juga bisa disebabkan oleh terlalu beratnya aktivitas olahraga yang dilakukan sehingga pembuluh darah pecah karena otot yang terlalu tegang.

Baca:   Parfum, lilin aromaterapi, deodoran, dan semprotan pembunuh nyamuk jadi pencabut nyawa anak-anak di Inggris

3. Memar Karena Konsumsi Obat
Obat-obat yang kamu konsumsi juga bisa menjadi penyebab munculnya memar secara tiba-tiba di kulit. Obat yang dapat memicu munculnya memar antara lain adalah aspirin, kontrasepsi, dan steroid. Selain itu, kekurangan vitamin C juga dapat menjadi penyebab munculnya memar karena pembuluh darah kecil pecah. Untuk mengatasinya kamu dapat mengkonsumsi suplemen dan memastikan kebutuhan vitamin C kamu setiap harinya sudah terpenuhi.