Insiden Sepang, Rossi: Saya tidak menendang Marquez tapi menghalanginya

Rossi-dan-Marc-Marquez

Ada kejadian menarik yang terjadi di balap MotoGP Sepang. Malaysia pada hari Minggu 25/10/2015, dimana Marc Marquez terjatuh setelah kejar-kejaran dengan Rossi. Dari video terlihat sepintas Rossi sengaja menendang Marc Marquez hingga terjatuh pada tikungan 14 pada lap 7. Kaki Rossi mengenai bagian depan motor Marc Marquez hingga kehilangan keseimbangan dan jatuh. Namun Rossi membantah bahwa dirinya menendang Marquez seperti yang terlihat dalam rekaman video.

“Saya tidak ingin membuat Marquez mengalami kecelakaan dan saya tidak menendang dia,” kata Rossi seperti ditulis Crash.net. “Jika kalian melihat gambarnya lagi, seperti yang saya lakukan di Race Direction, frame demi frame, dan lihatlah dari kamera helikopter. Dengan kamera helikopter, kalian bisa melihat lebih jelas karena dari samping terlihat seperti saya menendang dia,” kata pebalap 36 tahun tersebut.

Baca:   Marc Marquez Juara Lagi di MotoGP Le Mans, Prancis

Rossi mengatakan bahwa dari helikopter terlihat jelas bahwa dia sudah melebar. Dia sengaja melambat supaya Marquez kehilangan waktu. “Ketika saya melambat, melambat, dan melambat, lalu saya memasuki jalurnya, kami bersenggolan. Dia menyenggol dengan handlebar motornya dan menyentuh kaki kiri saya. Itu yang membuat dia kecelakaan,” kata Rossi.

“Jika dilihat ulang, ketika kaki saya bergerak, Marquez sudah miring, dia sudah jatuh. Lagi pula, jika saya ingin menendang dia, saya bisa melakukannya 20-30 meter sebelumnya karena kami sudah dekat,” kata pebalap berjuluk “The Doctor” tersebut.

“Tetapi, yang terutama, jika Anda menendang pebalap MotoGP, dia tidak akan jatuh karena motor sangat berat dengan banyak cengkeraman. Dia menyenggol kaki saya dengan handlebar dan jatuh. Jadi, saya kecewa dengan penalti tiga poin ini,” ujar Rossi, dikutip dari Kompas.com, Senin 26/10/2015. Pebalap Italia tersebut dikenai penalti tiga poin oleh Race Direction atas peristiwa tersebut.

Baca:   Marquez Mengaku Sempat Lupa Sedang Balapan di Mana Saat Lihat Lorenzo Jatuh

Dengan satu poin penalti yang sudah didapat pada GP San Marino di Sirkuit Misano, berarti Rossi akan memulai balapan berikutnya, yaitu seri terakhir di Valencia, dari posisi paling belakang. Race Direction tidak mencabut 16 poin yang didapat Rossi karena finis di urutan ketiga di Sepang. Rossi saat ini unggul tujuh angka atas Jorge Lorenzo yang finis di urutan kedua pada GP Malaysia. Rekan satu tim Marquez, Dani Pedrosa, finish di urutan pertama.