Jangan percaya, 52 WNI tewas di Mina hanya berita Hoax

Korban-tragedi-Mina7

Ditengah tragedi Mina, Arab Saudi yang kini sudah menewaskan lebih dari 700 orang, muncul berita berantai yang mengabarkan bahwa ada 52 orang jemaah asal Indonesia ikut jadi korban. Akibatnya, sejumlah keluarga jemaah haji asal Indonesia menjadi cemas karena mereka takut keluarga mereka jadi korban.

Pesan berantai itu mulai beredar sejak 24/9/2015 sore. Entah darimana sumber berita tersebut, tapi sepertinya sudah berhasil membuat banyak orang, khususnya keluarga jemaah haji menjadi was-was. Sekretaris Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kementrian Agama, Hasan Faozi, memastikan bahwa informasi mengenai 52 WNI tewas di Mina itu merupakan berita tidak benar dan tidak valid alias hoax.

Baca:   Kumpulan video tragedi Mina, Arab Saudi 24 September 2015

Kepastian informasi tersebut didapatkan dari Kepala Daerah Kerja Makkah Kemenag, Arsyad Hidayat. “Pemberitaan itu tidak benar. Saat ini masih dicari identitas (WNI) dan masih dalam proses, yang ditemukan hanya gelangnya saja,” ujar Faozi dalam konferensi pers di Kantor Kementrian Agama, Jakarta, dikutip dari Kompas.com, Kamis (24/9/2015) malam.

Kemenag memastikan bahwa informasi itu menyesatkan. Selain itu, Kemenag juga meminta agar informasi tersebut tidak disebarluaskan. Untuk informasi lebih lanjut, Kemenag menganjurkan masyarakat untuk menghubungi saluran telepon khusus atau hotline yang tersambung ke Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Indonesia di Arab Saudi. Informasi bisa didapat dengan menghubungi nomor telepon berikut: +966 543 603 154.

loading...