Jangan Pernah Coba-Coba Mencabut Uban, Ini Alasan Ilmiah dan Dampak Buruknya Bagi Kesehatan

uban-di-kepala

Bagi mereka yang sudah berumur diatas 30 tahun, biasanya akan muncul uban di kepala. Untuk mencegah rasa gatal, mereka biasanya meminta untuk dicabut agar rasa gatal di kepala bisa hilang. Seperti yang kita ketahui jika uban adalah fenomena yang terjadi saat rambut mengalami perubahan warna menjadi putih atau abu-abu.

Uban sendiri dapat terjadi karena kandungan melanin berkurang. Rambut yang sudah ditumbuhi uban tentunya bisa mengurangi rasa percaya diri seseorang. Itulah sebabnya jika mereka yang telah beruban memilih untuk mengecat rambut atau mencabutnya.

Tapi sebelum Anda punya kebiasaan mencabut uban, coba simak beberapa alasan ilmiah jika mencabut uban itu ternyata punya resiko berbahaya bagi kesehatan. Menurut penjelasan dari Galvan, ternyata uban yang dibiarkan di kepala itu bisa bikin umur seseorang lebih panjang. Hal ini dibuktikan dari sebuah penelitian jika mereka yang memiliki uban justru panjang umur dan sehat.

Sebab uban terjadi karena kadar melanin berkurang, itu berarti orang tersebut hidup sehat. Sementara itu , Galvan juga memaparkan bahwa mencabut uban adalah hal yang berbahaya. Sebab, mencabut uban adalah tindakan yang keliru yang bisa merusak kondisi folikel, akar rambut dan saraf-saraf kepala.

Mencabut uban dapat berdampak pada menipisya jumlah rambut dan kemudian uban akan terlihat lebih banyak meskipun jumlahnya sama. Selain itu, kerusakan folikel akan berdampak pada kesehatan selaput kepala. So, buat kamu yang ingin tetap sehat , biarkan saja uban tumbuh di kepala kamu.

Walaupun banyak yang mengatakan uban bisa menyebabkan rasa gatal, ini mungkin karena kondisi kulit kepala kotor dan ada masalah lain pada kesehatan kulit kepala kamu.

loading...