Jangan Terlalu Sering Basahi Bibir Pakai Lidah, Ini Alasannya

cara-memerahkan-bibir

Menjaga penampilan terutama bibir merupakan hal wajib bagi seorang wanita. Dengan penampilan bibir yang indah dan seksi, tentu saja membuat Anda terlihat lebih memesona dan makin percaya diri. Namun, tinggal di daerah tropis seperti Indonesia membuat kulit, terutama bibir menjadi mudah kering dan pecah-pecah. Seorang dermatologist dari Hennepin County Medical Center di Minneapolis, AS, Bruce Bart, M.D., mengatakan bahwa bibir itu seperti spon yang mudah menyerap.

“Ketika bicara soal bibir yang lembab, bibir memiliki kemampuan untuk menyerap air sangat baik dan kenyal. Lalu, ketika kurang air dan lembab, bibir pun menjadi kering dan tidak menarik,” jelas Dr Brak, dikutip dari Health Kompas, Kamis (16/6/2016). Untuk itu, beberapa langkah efektif untuk merawat bibir tanpa anggaran yang terlalu besar bisa Anda coba dibawah ini:

Baca:   Cara Mengetahui Ukuran Penis Pria dari Panjang Jari Tangannya

Banyak minum air putih
Minum air putih yang cukup, lebih kurang 9 gelas setiap hari, akan membuat cairan tubuh seimbang, kulit lebih lembab, dan bibir pun terhidrasi dengan baik.

Kurangi kebiasaan membasahi bibir
Menurut Robert Brodell, M.D., seroang dermatologist dari Ohio, AS, membasahi bibir dengan lidah guna mengurangi rasa kering, hanya akan membuat bibir semakin kering. Pasalnya, saliva mengandung enzim yang memberikan efek kurang baik pada kecantikan kulit bibir Anda.

Pilih pelembab bibir yang tepat
Gunakan pelembab bibir yang mengandung lilin lebah, shea butter, vitamin E, almon, lidah buaya, dan minyak kelapa. Selain itu pelembab yang tinggi kandungan petroleum jelly juga baik untuk keindahan bibir.

Baca:   8 Mitos Tentang Bra Yang Banyak dipercaya Oleh Wanita

Perlindungan krim tabir surya
Kulit bibir cenderung lebih tipis karena kurang melanin (pigmen yang melindungi kulit dari sinar UV). Aplikasikan lapisan krim tabir surya untuk bibir setiap hari sebagai tindakan preventif dari sinar UV.

Jangan terlalu sering memulas lipstik matte
Jenis lipstik matte membuat bibir menjadi sangat kering. Memang benar, lipstick matte lebih awet. Namun, efek samping kurang baiknya adalah bibir jadi dehidrasi sehingga menyebabkan kulit pecah-pecah dan kering.