Jembatan kaca setinggi 1000 meter retak, pengunjung histeris ketakutan

jembatan-kaca-pecah

Apa jadinya jika kamu berjalan-jalan diatas jembatan kaca lalu jembatan kaca itu tiba-tiba retak? Yang pasti, kamu akan lari ketakutan atau bahkan justru diam dan berteriak-teriak karena takut kaca tersebut benar-benar pecah dan kamu jatuh. Dan itu dialami oleh sejumlah wisatawan jembatan kaca di provinsi Henan yang baru dibuka dua minggu lalu mengalami keretakan. Akibatnya, sejumlah pejalan kaki diatas jembatan kaca tersebut panik dan ketakutan.

Dikutip dari Kompas.com, laporan tersebut menggambarkan para pengunjung lari dan berteriak panik ketika melihat keretakan berbentuk U pada jembatan kaca di Yuntaishan Scenic Park. “Baru menyaksikan momen yang bersejarah. Jalan kaca Yuntaishan rusak,” tulis salah satu pengguna situs micro blogging Weibo dengan nama akun “leedonghaeshuohyukjaenihaowodeai” seperti dikutip dari CNN Travel.

Baca:   Pipa Pembuangan Toilet Umum di China Penuh dengan Handphone

Ia menceritakan momen-momen yang bersejarah dalam hidupnya ketika melewati jembatan kaca. “Saat saya mendekati ujung jalan, saya mendengar suara keras. Tiba-tiba kaki saya terguncang. Saya melihat ke bawah dan melihat panel di bawah saya telah hancur,” papar dia. “Beberapa orang berteriak. Saya pun berteriak ‘Ini benar-benar retak’, kemudian saya berlari mendorong orang-orang di depan saya. Saya sangat ketakutan,” tambah dia.

Jembatan kaca Yuntaishan dibuka pada tanggal 20 September 2015. Jalan kaca di tebing ini meliputi tinggi jalan tebing 260 meter dengan 68 meter kaca bagian bawah. Jembatan kaca ini tergantung di 1.080 meter di atas permukaan laut. Pihak pengelola pada hari setelah kejadian mengakui menemukan sejumlah panel kaca yang retak.

Baca:   10 Bandara Teraman di Dunia Versi Skytrax World Airport Awards 2015

“Untuk memastikan keamanan para tamu, jembatan kaca ini ditutup segera. Ahli keselamatan akan dikerahkan untuk menemukan penyebab insiden tersebut,” kata pihak pengelola taman dalam sebuah pernyataan. Para ahli tersebut mengatakan kerusakan tersebut disebabkan oleh benda tajam. Mereka menyatakan bahwa tidak ada bahaya. Para ahli juga menambahkan jika bagian permukaan terbuat dari tiga lapis panel kaca. Keretakan hanya akan mempengaruhi celah-celah pada satu lapisan dan tidak akan menimbulkan ancaman bagi keselamatan.

Tingkat kerusakan yang disengketakan oleh pihak Weibo telah diklaim. “Itu sudah pasti tidak retak sedikit. Seluruh panel tampak retak,” tulis pengguna.

Kaca jembatan mania

Baca:   Boryeong Mud Festival, Festival Mandi Lumpur di Korea Selatan

Pihak pengelola mengatakan jalan akan ditutup sementara hingga panel yang rusak diganti. Manajemen Yuntaishan menekankan bahwa kerusakan sejenis tak pernah terdengar di antara atraksi lantai kaca di seluruh dunia. Walaupun kaca pernah retak pada tahun 2014 di London Tower Bridge. Yuntaishan adalah salah satu seri terbaru jalan kaca yang baru dibuka di China. Sementara jembatan kaca Shiniuzhai di Provinsi Hunan telah dibuka bulan lalu.

Jembatan Zhangjiajie Grand Canyon akan dibuka di Provinsi Hunan pada akhir tahun ini. Jembatan tersebut berlokasi sekitar 300 kilometer barat laut dari Shiniuzhai. Ketika selesai, struktur Zhangjiajie akan menjadi jembatan yang tertinggi dan terpanjang di dunia dengan panjang 430 meter dan tinggi 300 meter.

loading...